Blog >
Alasan-alasan Kenapa Orang Pengen Jadi Konten Kreator

Alasan-alasan Kenapa Orang Pengen Jadi Konten Kreator

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 10 Jun 2022

Cekrek-edit-upload. Selamat datang di era dimana semua orang dengan mudahnya menjadi konten kreator.

Apa itu Konten Kreator?

Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah kamu apa itu konten kreator? Konten kreator adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk membuat konten kreatif yang kemudian ditempatkan pada seluruh platform media sosial seperti CUiT, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, LinkedIn, Podcast, dll.

Saat ini, konten kreator tidak hanya sesuatu yang dilakukan karena hobi semata, namun sudah menjadi sebuah profesi modern yang ditekuni oleh sebagian besar orang yang berada pada lingkup kreatif. Jumlah konten kreator di dunia juga menjadi sangat banyak dan beragam semenjak banyaknya platform media sosial yang mulai mendukung eksistensi mereka untuk berkarya.

Menjadi seorang konten kreator juga memiliki segudang manfaat. Mulai dari dapat mengangkat personal branding mereka, hingga mendapatkan cuan dengan menjual skill yang mereka miliki. Lalu, apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang konten kreator?

Tidak ada patokan khusus apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang konten kreator. Hanya saja, mungkin seorang konten kreator perlu mempelajari skill utama, serta penunjang, contohnya bisa menguasai tools/gear tambahan seperti mengoperasikan kamera, lighting, clip on, dll. Namun bukannya tidak mungkin, semua skill pendukung tersebut dapat dipelajari dengan mudah kok.

Mengingat peran konten kreator masih banyak dibutuhkan, maka setidaknya kamu harus memiliki beberapa skill yang kami rangkum dibawah ini, misalnya:

  1. Kemampuan dalam melakukan riset dan berpikir kreatif
  2. Manajemen waktu
  3. SEO (Search Engine Optimization)
  4. Copywriting atau Content writing
  5. Fotografi atau videografi
  6. Editing
  7. Keterampilan komunikasi
  8. Menguasai bahasa asing

Lalu, Kenapa Orang Pengen Jadi Konten Kreator?

Yaps, selain mendapatkan perasaan puas dan lega, konten kreator pada umumnya akan ‘mengkomersilkan’ skill yang mereka punya kepada perusahaan atau perseorangan. Wah, tahukah kamu, di era saat ini, pekerjaan sebagai konten kreator menjadi ladang cuan paling yahud, loh! Kamu dapat menghasilkan uang hanya dengan melakukan apa yang kamu suka. Istilahnya, hobi yang dibayar.

Untuk menjadi seorang konten kreator sendiri tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang khusus. Hanya saja, terkadang beberapa perusahaan lebih menyukai para kreator apabila berasal dari jurusan ilmu komunikasi, jurnalistik, dan desain.

Gaji content creator adalah berkisar Rp3,5 juta - Rp10 juta rupiah. Namun, angka ini masih bisa berubah tergantung kebijakan dari perusahaan. Jika kamu seorang influencer yang menerima endorsement, dalam sekali tampil kamu bahkan bisa mendapat hingga puluhan juta rupiah (tergantung jumlah followers), menarik, bukan?