Blog >
apa arti influencer sebenarnya? Simak Informasinya Berikut Ini!

apa arti influencer sebenarnya? Simak Informasinya Berikut Ini!

Oleh: Tim Cuit - 1 Feb 2022

Tahukah Anda apa arti influencer sebenarnya? Istilah ini pastinya tidak asing bagi kita. Terlebih bagi mereka yang berkecimpung dengan bisnis digital setiap harinya. Atau, ada dari Anda yang bekerja sebagai influencer? Kira-kira, arti influencer itu apa ya?

Berdasarkan banyak sumber yang telah kami rangkum, arti influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang lain. Dalam hal ini adalah mereka yang bisa memberikan pengaruh kepada masyarakat.

Dengan demikian, influencer dapat seorang artis, publik figure, selebgram, youtuber dan seseorang lainnya yang memiliki peran penting dalam suatu komunitas. Karena punya kemampuan mempengaruhi banyak orang, influencer biasanya diincar oleh pebisnis untuk melakukan kerjasama dalam pemasaran.

Influencer bekerja sama dengan melakukan promosi produk melalui kanal media sosial yang ia punya. Tujuannya supaya followers tergerak untuk mengikuti apa yang ia lakukan, yakni membeli produk yang sudah dipromosikan.

Menggandeng influencer untuk bekerja sama adalah hal lumrah dalam bisnis digital. Kerjasama ini kemudian disebut dengan influencer marketing. Artinya adalah strategi pemasaran dengan memakai jasa influencer untuk meningkatkan brand awareness sehingga perusahaan bisa menjual produk sesuai target pasar.

Influencer bisa saja seorang artis, blogger atau orang berpengaruh lainnya. Namun, apakah semua orang bisa kita sebut sebagai influencer? Tentu saja tidak. Minimalnya, seseorang baru bisa kita sebut influencer apabila mereka aktif menggunakan media sosial, dan punya ribuan bahkan jutaan pengikut.

Berdasarkan jumlah pengikut ini pula muncullah kategori-kategori baru dalam istilah influencer. Ada influencer mikro, makro dan juga lainnya. Apa perbedaan antara masing-masing kategori tersebut? Kita simak informasinya, yuk!

Apa Arti Influencer Sebenarnya?

Sudah tahu kan apa arti influencer sebenarnya? Influencer ini banyak macamnya, lho! Bisa kita klasifikasikan berdasarkan jumlah followers, atau jenis konten yang mereka punya. Lantas, apa saja jenis-jenis influencer tersebut? Berikut daftar lengkapnya!

Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut

Tahukah Anda bahwasanya ada beberapa kategori untuk influencer? Kategori ini berdasarkan jumlah pengikut, jenis konten serta tingkat pengaruh mereka terhadap masyarakat. Berdasarkan jumlah pengikut, ada tiga jenis influencer, antara lain sebagai berikut:

  1. Mega Influencer

    Tingkatan paling atas, adalah mega influencer. Ini adalah mereka yang punya jumlah pengikut lebih daripada 1 juta. Biasanya, mereka didominasi oleh orang-orang yang memang sudah tenar sebelumnya. Misalkan saja musisi, pemain sinetron, dan bintang film.

  2. Makro Influencer

    Mereka yang memiliki jumlah pengikut mulai dari 40.000 sampai dengan 1 juta masuk dalam kategori makro influencer. Mereka yang berada dalam kategori ini biasanya adalah selebritas yang belum terlalu populer. Atau seseorang pakar online yang sukses.

  3. Mikro Influencer

    Selanjutnya adalah mikro influencer. Kategori ini tidak termasuk selebritas, melainkan orang biasa yang populer akibat pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki. Utamanya adalah pengetahuan tentang niche di media sosial.

    Niche ini semacam suatu trend. Sehingga sasaran mikro influencer adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap suatu niche tertentu. Konten yang mereka miliki akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan niche tersebut, misalkan konten olahraga, atau kecantikan.

  4. Nano Influencer

    Terakhir, ada nano influencer. Jumlah pengikut mereka bisa saja kurang dari 1.000, tetapi mereka punya pengaruh besar bagi sebagian kecil orang. Influencer kategori ini cenderung memiliki skill ahli dalam bidang yang terspesialisasi.

Influencer Berdasarkan Jenis Konten

Kita tahu, apa arti influencer sebenarnya adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang banyak. Hal ini bukan cuma berdasarkan banyaknya pengikut mereka di media sosial, tetapi juga tergantung dari jenis konten yang mereka upload. Berdasarkan jenis konten, influencer terbagi dalam beberapa kategori berikut.

  1. Selebgram

    Belakangan ini, selebgram telah menjadi profesi yang menjanjikan. Jumlah penghasilan yang mereka dapatkan tak main-main. Selebgram biasanya bekerja dengan memposting konten promosi suatu produk milik perusahaan. Singkatnya kita kenal dengan sebutan endorse.

    Sesuai dengan namanya, influencer ini memanfaatkan media sosial Instagram untuk mencari penghasilan. Dari sekian banyak media sosial, kenapa harus Instagram ya? Ternyata, Indonesia salah satu negara dengan pengguna Instagram terbesar lho. Data inilah yang kemudian mereka manfaatkan sebagai tempat melakukan promosi.

  2. YouTuber

    Selebgram adalah influencer yang mengupload kontennya melalui Instagram, sedangkan youtuber adalah sebutan untuk mereka yang berkarya melalui kanal YouTube. Potensi dari YouTube tak kalah menjanjikan daripada Instagram.

    Berdasarkan suatu survei, diketahui bahwa lebih dari 90% pengguna internet mengenal suatu produk melalui YouTube. Potensi ini sangat menjanjikan untuk strategi promosi bagi suatu perusahaan. Beberapa youtuber ternama dan berpengaruh di Indonesia adalah Ria Ricis, Raditya Dika, Deddy Corbuzier dan banyak lainnya.

  3. Blogger

    Selain Instagram dan YouTube, adapula influencer yang memanfaatkan blog untuk berkarya. Konten mereka biasanya tentang review atau memberikan ulasan terhadap produk tertentu. Ketika seorang blogger menulis konten tentang suatu produk, tentu pembacanya akan tertarik untuk mencobanya sendiri.

    Dengan cara inilah mereka memberikan pengaruh atau influence kepada masyarakat luas. Contoh blogger yang kini menjelma sebagai influencer di Indonesia dalah Iwan Banaran, Sonia Eryka, Julia dan juga Marius. Mereka berkarya dalam sebuah blog dengan nama anakjajan.com.

Itulah tadi beberapa jenis influencer berdasarkan konten yang mereka punya. Sudah tahu kan apa arti influencer sebenarnya? Untuk promosi suatu produk, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis influencer tadi.