Blog >
Suka Bikin Instagram Story ala Typography? Cek aplikasi ini yuk!

Suka Bikin Instagram Story ala Typography? Cek aplikasi ini yuk!

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 4 Jun 2022

Seiring berkembangnya zaman, semua orang seakan berlomba-lomba untuk menjadi yang paling kreatif di bidangnya masing-masing. Mulai dalam bentuk teks, gambar, audio dan musik. Termasuk seni Typography.

Pengertian Typography

Typography (tipografi) adalah seni mengatur huruf dalam sebuah ruang. Sederhananya, tipografi adalah seni menata huruf sehingga indah untuk dilihat dan mudah untuk dicerna. Pada zaman modern seperti ini, tipografi sangat erat kaitannya dengan graphic designer. Para desainer dituntut untuk mampu menguasai tipografi agar dapat membuat pembaca menangkap pesan yang ingin disampaikan melalui bentuk visual yang indah.

Fungsi Typography

Jadi, sudah sangat jelas. Fungsi dari tipografi adalah untuk media penyampaian informasi. Namun, selain itu terdapat fungsi yang lebih utama loh, CuiT-ers!

  • Mudah dibaca

    Tentu saja. Tipografi harus mudah dibaca. Karena, jika tipografi tidak mudah dibaca, maka pesan/informasi yang akan disampaikan tidak akan dapat dipahami. Jangan sampai, susah-susah memikirkan ide, malah tidak dapat dimengerti oleh para pembaca.

  • Menarik Perhatian

    Selain harus mudah dibaca, syarat utama lainnya dari sebuah tipografi adalah menarik perhatian. Tipografi yang menarik perhatian orang banyak adalah tipografi yang berhasil. Karena, sebelum mudah dibaca dan dicerna, para pembaca sudah ‘notice’ duluan dengan desain/visual nya yang menarik perhatian.

Prinsip Typography

Berikut ini adalah prinsip tipografi yang harus dipahami:

  • Readability

    Pertama adalah readability. Readability merupakan tingkatan ukuran seberapa mudah teks dapat dibaca. Readability ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kombinasi dan jarak setiap huruf.

  • Legibility

    Legibility adalah kemudahan dalam mengenali dan membedakan setiap huruf atau karakter. Membuat tulisan pada masing-masing huruf menjadi lebih terstruktur dan memaksimalkan space yang ada pada frame teks yang tersedia.

  • Visibility

    Prinsip ini merupakan prinsip dimana teks/huruf harus mengedepankan aspek jarak. Jarak antara satu huruf dengan huruf lain, atau kata dengan kata lain. Semakin jauh visibility nya, maka tipografi yang dibentuk juga tidak akan mudah dicerna dengan baik.

Aplikasi Edit Typography

Okay, setelah memahami apa saja hal-hal mendasar yang harus diketahui mengenai tipografi, saatnya kita mulai mendalami apa saja aplikasi yang digunakan oleh para konten kreator di Instagram. Tahu nggak sih CUiT-ers, saat ini banyak sekali bermunculan karya-karya para kreator untuk membuat story Instagram mereka menjadi lebih menarik dengan tipografi. Berikut kami rangkum apa saja aplikasi sederhana untuk edit tipografi di handphone. Check this out!

  1. Phonto - Text on Photos

    Aplikasi Phonto ini merupakan aplikasi yang paling populer dan dapat di download di Google Play dan Apps Store. Pada Phonto, kamu dapat menambahkan font favoritmu. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat 200 font bawaan yang bisa kamu gunakan. Tak cukup sampai disitu, kamu juga bisa mengubah warna teks dengan warna yang kamu sukai.

  2. PixelLab

    Sejauh ini PixelLab telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store. Dengan aplikasi ini kamu dapat menambahkan teks bergaya, teks 3D, stiker, dan lain-lain di atas gambarmu. PixelLab diklaim memiliki antarmuka yang sederhana dan bersih, sehingga proses menambahkan teks pada gambar jadi lebih nyaman.

  3. TextGram - Write on Photos

    Textgram merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu menulis teks pada foto, mengedit teks (editor teks), membuat foto baru dengan desain sendiri. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menulis di atas foto (dengan berbagai efek teks seperti pantulan, rotasi dan warna) serta menambahkan berbagai jenis fitur lain seperti frame, stiker, filter, emoticon galore dan lain sebagainya.

  4. Appfortype

    Appfortype adalah aplikasi untuk mengedit foto foto yang gampang untuk dipergunakan. Aplikasi ini telah dipergunakan oleh banyak orang. Tak Hanya itu aplikasi ini juga mempunyai berbagai fitur yang dapat kamu gunakan secara gratis. Jenis efek dan juga filter ditawarkan oleh aplikasi ini.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kami untuk membuat story Instagram ala Typography. Biar story mu makin aesthetic dan nggak ketinggalan jaman. Selamat men-download, CUiT-ers!