Blog >
Cara Mengetahui Rate Card Influencer dengan Mudah

Cara Mengetahui Rate Card Influencer dengan Mudah

Oleh: Tim Cuit - 2 Feb 2022

Ada yang tau bagaimana cara mengetahui rate card influencer saat ini? Bukan cuma penting bagi influencer, rate card juga penting bagi pemilik usaha, lho! Khususnya mereka yang ingin menggandeng influencer bekerjasama dalam mempromosikan suatu produk.

Merangkum dari berbagai sumber, pengertian dari rate card adalah papan informasi yang memuat informasi harga untuk jasa seorang influencer. Dalam konteks perusahaan-perusahaan besar, rate card memuat besaran biaya untuk pemasangan iklan.

Bagi seorang influencer, rate card bukan cuma berguna untuk menunjukkan tarifnya saja, tetapi juga menunjukkan profesionalisme dalam bekerja. Dengan ini, informasi-informasi penting terkait tarif biaya dan hal lain akan tersampaikan dengan mudah kepada pemilik usaha.

Menyusun rate card tidak bisa sembarangan. Paling tidak sesuai dengan feedback yang bisa diberikan nantinya. Rate card yang tidak sesuai tentunya merugikan perusahaan. Lambat laun, tentu berdampak buruk kepada influencer itu sendiri.

Cara mengetahui rate card influencer yang paling mudah adalah dengan meghitung jumlah followers. Berikut adalah contoh rate card influencer berdasarkan jumlah followers aktif di media sosial.

Untuk kategori nano influencer dengan jumlah pengikut 3.000 sampai dengan 50.000, rate cardnya antara 800 sampai dengan 1 juta rupiah. Mereka dengan jumlah pengikut kurang dari 100.000, rate cardnya mencapai 5 juta rupiah. Mega influencer dengan pengikut lebih dari 1 juta, bisa memasang rate card mulai dari 15 juta rupiah.

Menentukan dan menghitung rate card tidak selalu mudah, dan panduan ini tidak berlaku untuk semua influencer. Supaya lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Instagram generator. Aplikasi ini akan membantu Anda menentukan rate card berdasarkan beberapa faktor yang salah satunya adalah jumlah pengikut.

Meskipun demikian, menghitung rate card influencer secara manual bukan berarti mustahil. Lantas, bagaimana cara menyusun rate card seorang influencer? Berikut kami sajikan panduan untuk Anda!

Cara Mengetahui Rate Card Influence dan Menyusunnya

Anda suka bermain media sosial, dan punya jumlah pengikut yang banyak? Coba cek, barangkali Anda sudah bisa menjadi influencer dan mengumpulkan pundi-pundi dana darisana. Cara mengetahui rate card influencer bisa berpatokan pada banyaknya pengikut aktif di media sosial.

Anda suka bermain media sosial, dan punya jumlah pengikut yang banyak? Coba cek, barangkali Anda sudah bisa menjadi influencer dan mengumpulkan pundi-pundi dana darisana. Cara mengetahui rate card influencer bisa berpatokan pada banyaknya pengikut aktif di media sosial.

Namun, ingat harus pengikut aktif, ya! Membeli follower tidak akan membawa Anda menjadi seorang influencer. Mengumpulkan follower media sosial pribadi bukan hal yang mudah dan tidak bisa secara instan. Anda harus berupaya besar untuk menarik pengunjung.

Salah satunya dengan rajin membuat konten dan menguploadnya. Rajin membuat konten saja tidaklah cukup. Anda juga harus menguasai salah satu niche, kemudian mencoba fokus dan konsisten membuat konten berdasarkan niche tersebut.

Dengan cara ini, lambat laun followers akan bertambah, dan Anda bisa menjadi seorang influencer. Membeli followers bukan hal yang bijak. Pemilik usaha pun biasanya tahu mana akun dengan jumlah followers yang real. Sehingga mereka akan berupaya menghindari akun yang membeli followers.

Pemilik usaha tidak melirik influencer berdasarkan jumlah followersnya saja. Tetapi juga berdasarkan interaksi yang terjadi pada setiap postingan yang Anda bagikan. Jumlah like, komentar akan sangat berpengaruh.

Kalau Anda punya banyak pengikut, namun interaksi yang terjadi sangat kecil dalam setiap unggahan, hal itu akan menjadi pertanyaan besar. Besar kemungkinan pemilik usaha membatalkan niatnya mengajak Anda bekerjasama.

Tips Menyusun Rate Card

Mari lupakan tentang jual beli followers, mari fokus kepada pembahasan inti. Yakni bagaimana cara mengetahui rate card influencer. Kira-kira bagaimana ya? Berikut adalah tips menyusun rate card yang perlu Anda tahu!

  1. Cari Tahu Siapa Audiens Anda

    Pertama, Anda harus tahu dulu siapa audiens yang Anda targetkan. Mengetahui target audiens akan membantu Anda dalam menemukan ide membuat konten. Misalkan, Anda tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan ibu dan bayi.

    Maka fokuslah membuat konten seputar hal tersebut. Misalkan, ilmu parenting untuk new mom, cara membuat MPASI, dan hal lain yang sekiranya perlu dan menarik perhatian. Berdasarkan konten tersebut, Anda bisa memperhatikan berapa besar interaksi yang terjadi, baik itu story maupun postingan feed.

    Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, mulailah menyusun rate card dengan target audiens pemilik usaha yang berkaitan dengan ibu dan bayi. Misalkan, suplemen untuk ibu, perusahaan peralatan bayi dan lain-lainnya.

  2. Menyusun Rate Harga dari Macam-Macam Metrik

    Cara mengetahui rate card influencer tidak cuma bergantung dari banyaknya pengikut aktif. Beberapa metrik penting yang harus Anda pertimbangkan adalah CPV dan juga CPA. Apa itu CPV dan CPA?

    Kedua matrik ini adalah cost per view dan juga cost per action. Keduanya, punya peran penting dalam menentukan rate card influencer. Selain itu, Anda juga perlu menyertakan persentase engagement sebagai nilai tambah bagi perusahaan.

  3. Buat Rate Card dengan Desain Menarik

    Terakhir, Anda perlu memberikan sentuhan terbaik untuk rate card. Berikan desain yang bagus. Bukan cuma untuk meningkatkan estetika, tetapi juga bertujuan supaya rate card lebih mudah terbaca.

    Poin terpenting dalam mematok tarif harga adalah sesuai dengan harga pasar. Dengan kata lain, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Atau, Anda bisa bertanya kepada teman sesama influencer terkait rate card yang mereka punya. Tentunya harus teman yang memiliki jumlah followers sama banyak, ya!

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara mengetahui rate card influencer? Untuk perusahaan, informasi ini berguna ketika mereka hendak menggandeng influencer dalam kerjasama. Maka dari itu, susun rate card dengan cermat ya!