Blog >
Cara Meningkatkan Engagment rate

Cara Meningkatkan Engagment rate

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 28 Apr 2022

Dewasa ini, media sosial merupakan wadah bagi semua orang untuk mengekspresikan apa yang mereka ingin tunjukkan. Bagi pengguna media sosial, engagement sangatlah penting. Terutama jika mereka mulai berpikir untuk mengkomersilkan profil mereka sebagai influencer untuk endorse.

Engagement rate adalah sebuah metrik yang bertujuan untuk mengukur tingkat keterlibatan followers terhadap konten yang dibuat atau dipromosikan. Interaksi followers menjadi sangat penting dalam pertumbuhan engagement sebuah akun. Semakin banyak dan tinggi keterikatannya, maka semakin bagus engagement rate nya.

Semakin baik engagement rate mu, maka kemungkinan untuk masuk di halaman explore juga akan semakin baik. Instagram juga akan menghitung dan mengkalkulasikan seberapa aktif kamu pada social media melalui komen, share, dan likes.

Ada nggak sih cara untuk meningkatkan engagement rate sebuah account? Ada dong! Yuk simak tips berikut ini:

  1. Membuat konten berkualitas dan original

    Dengan membuat konten yang original dan berkualitas, maka audience/follower mu akan semakin tertarik dengan keunikan kontenmu. Apalagi jika kamu menyesuaikan dengan trend yang sedang berkembang. Bisa-bisa, kontenmu malah auto viral!

  2. Pikirkan captionmu sebaik mungkin

    Eits, caption yang baik itu apakah harus yang panjang? Tidak harus. Caption yang baik adalah, caption yang dapat mengundang rasa penasaran audience/follower. Bagaimana jika tidak ada caption? Hm, maka kamu harus membuat konten mu sendiri powerful dari caption nya.

  3. Pakai hashtag (tagar) yang relevan

    Terkadang, hashtag yang relevan dengan apa yang sedang trend dapat membuat konten mu penuh dengan pengunjung untuk berinteraksi loh. Kamu dapat menggunakan beberapa tools gratis maupun berbayar untuk menentukan hashtag yang sedang trending.

  4. Upload di waktu yang tepat

    Nah, ini adalah salah satu hal yang paling mendasar. Perlu untuk mengetahui timing yang pas untuk meng-upload konten. Caranya sangat mudah, kamu dapat memilih fitur ‘Insight’ pada settingan Instagram. Pada fitur ‘Insight’, kamu dapat mempelajari setiap harinya jam berapa follower mu aktif berinteraksi/menjangkau kontenmu.

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘endorse?’ Endorse adalah sistem promosi yang dilakukan oleh sebuah produk/jasa dengan menggunakan influencer yang memiliki follower, dengan tingkat kepercayaan yang tinggi sebagai media promosinya.

Sebagai pengusaha atau pelaku bisnis, bekerjasama dengan endorse adalah salah satu cara yang mudah dijalankan untuk mendapatkan keuntungan, exposure dan jangkauan yang lebih luas melalui followers mereka. Terdapat beberapa cara mudah bagi para pelaku bisnis untuk menentukan kerjasama dengan influencer yang diinginkan. Beberapa diantaranya adalah, melihat jumlah follower dengan likes dan komentar.

Secara sekilas, jika jumlah komentar dan likes cukup banyak dan sebanding dengan follower yang dimiliki, dapat dipastikan influencer tersebut memiliki engagement yang cukup tinggi. Namun, dunia modern saat ini sudah sangat maju. Bahkan terdapat tools yang dapat digunakan untuk mengukur matriks engagement rate sebuah akun baik itu yang gratis maupun berbayar.

Jadi, jika kamu ingin menjadi influencer atau pebisnis, sudahkah mempelajari apa itu engagement rate? Semoga artikel ini membantu, ya!