Blog >
Cara Menjadi Influencer yang Menginspirasi

Cara Menjadi Influencer yang Menginspirasi

Oleh: Tim Cuit - 2 Feb 2022

Ketika melihat kesuksesan para selebgram, tidakkah Anda turut ingin menjadi seorang influencer atau selebgram? Pekerjaan ini tidak boleh sembarangan. Alangkah lebih baik bila Anda bisa menjadi seseorang yang menjadi inspirasi bagi orang lain. Lantas, bagaimana ya cara menjadi influencer yang menginspirasi?

Sebelumnya, kita perlu tahu definisi dari influencer itu sendiri. Influencer adalah orang yang punya kemampuan memberikan pengaruh kepada masyarakat luas. Kalau bisa jadi influencer, Anda ingin punya pengaruh yang bagaimana?

Bagi perusahaan, ada banyak sekali manfaat seorang influencer. Salah satunya adalah meningkatkan brand awareness. Menjalin kerjasama dengan influencer dalam memasarkan produk adalah cara yang mereka lakukan guna meningkatkan citra produknya kepada masyarakat luas.

Berdasarkan kerjasama ini pula seorang influencer bisa mendapatkan penghasilan. Namun, menjadi influencer yang menginspirasi lain lagi. Patokannya bukan cuma uang, tetapi bagaimana caranya supaya kita bisa memberikan pengaruh yang baik serta menjadi inspirasi oleh orang lain.

Apakah tolak ukur kesuksesan influencer itu hanya uang dan kekayaan? Tentu saja tidak. Ada banyak faktor yang bisa jadi tolak ukur sukses selain uang dan materi. Salah satunya adalah menjadi inspirasi banyak orang.

Kira-kira, bagaimana ya cara menjadi influencer yang menginspirasi? Kalau Anda terus penasaran, kita simak informasi berikut ini yuk!

Bagaimana Cara Menjadi Influencer yang Mengsinpirasi? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Hidup sebagai seorang influencer atau publik figur tidak selamanya mudah seperti yang kita bayangkan. Adakalanya menjadi terkenal dan populer itu menyulitkan dan melelahkan. Menjadi influencer akan membuat diri kita terkenal.

Segala sesuatu yang kita kerjakan akan berdampak kepada banyak orang. Makanya, banyak orang yang ingin mencari tahu bagaimana cara menjadi influencer yang menginspirasi. Bukankah Anda turut penasaran dengan hal tersebut?

Jika benar demikian, Anda menemukan bacaan yang tepat. Berikut kami rangkum sejumlah tips menjadi influencer yang inspiratif. Simak, ya!

  1. Punya Skill yang Mumpuni

    Pertama, Anda harus punya prinsip terlebih dahulu. Anda ingin menjadi influencer yang seperti apa nantinya? Ingatlah selalu bahwa apa yang Anda kerjakan akan memberikan pengaruh yang besar.

    Maka dari itu, jangan asal-asalan dalam membuat konten. Hindari hal-hal yang kontroversi. Lebih baik bila Anda mencari ketenaran dengan menjual skill, bukan pansos dari sesuatu yang viral-viral saja.

    Influencer yang menjadi populer karena memiliki bakat, cenderung mampu bertahan lebih lama daripada mereka yang terkenal akibat suatu hal yang kontroversi. Kalau ingin jadi influencer inspiratif, mulailah mengenali skill dan kemampuan yang Anda punya.

    Kumpulkan keberanian untuk mengasah skill tersebut dan manfaatkan media sosial supaya Anda bisa dikenal banyak orang.

  2. Paham Aturan dan Tidak Sembarang Bermedia Sosial

    Bukan cuma menghindari hal-hal kontroversi, tetapi Anda juga harus taat aturan dan paham tentang hukum yang berlaku. Salah satunya adalah Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

    Akibat tidak taat aturan, sudah banyak kasus influencer yang terjerat hukum dan harus membayar denda sekian besar. Sebagai warga Indonesia memang sudah seharusnya kita patuh kepada hukum yang berlaku. Karena memang Indonesia adalah negara hukum.

    Influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh bagi masyarakat luas. Jika tidak bisa taat terhadap hukum, bagaimana bisa Anda menginspirasi banyak orang?

  3. Memperhatikan Kualitas Konten

    Cara menjadi influencer yang menginspirasi tidak terlepas dari konten yang Anda punya. Orang akan menilai Anda berdasarkan konten ataupun karya yang Anda pamerkan melalui media sosial.

    Supaya bisa menjadi inspirasi, Anda harus menghindari konten-konten sampah. Menjadi viral adalah hal mudah. Namun, menghalalkan segala cara demi viral dan menarik perhatian banyak orang bukan hal yang tepat.

    Influencer yang menginspirasi tentunya mereka yang memiliki standar dalam berkarya. Karya yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan mengandung unsur-unsur edukasi kepada masyarakat.

    Untuk itu, Anda harus menghindari konten-konten sampah yang tidak memberikan benefit baik kepada masyarakat. Jangan sampai Anda terkenal akibat kontroversi alih-alih prestasi.

  4. Selalu Menebarkan Hal Positif

    Tips menjadi influencer inspiratif selanjutnya adalah terus dan selalu menebarkan hal-hal yang postif alih-alih terlibat dalam gosip dan hal kontroversi lainnya. Sekarang ini, media sosial adalah platform yang serba cepat. Kondisi bisa berbanding terbalik hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

    Opini publik sangat mudah dipengaruhi. Yang mulanya menaruh simpati, bisa berubah menjadi penebar kebencian. Sebagai seorang influencer yang punya pengaruh besar terhadap opini publik, tidak seharusnya Anda menjadi pelopor dalam menebarkan kebencian.

  5. Membangun Koneksi

    Apabila akun Instagram Anda sudah memiliki engagement rate yang baik, selanjutnya mulailah untuk membangun koneksi yang lebih luas. Caranya bisa dengan menghadiri sebuah seminar, atau mengikuti event yang berkaitan dengan konten yang Anda punya.

    Darisana, Anda bisa berkenalan dengan sesama influencer dan membangun koneksi yang lebih luas. Hal ini punya manfaat yang sangat bagus, lho! Selain berteman dengan sesama influencer, koneksi yang baik bisa membawa Anda kepada perusahaan untuk bekerjasama.

    Pada intinya, menjadi influencer inspiratif adalah bagaimana Anda membranding diri dengan hal yang baik-baik saja. Menghindari hal kontroversi, dan tidak menjadi influencer dengan konten sampah. Dengan begini, lambat laun nama Anda semakin populer, dan tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi idola baru di kalangan masyarakat.

Lantas, sudah siapkah Anda menjadi tokoh inspirasi? Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara menjadi influencer yang menginspirasi. Semoga membantu, ya!