Blog >
Cara Menjadi Konten Kreator Instagram

Cara Menjadi Konten Kreator Instagram

Oleh: Tim Cuit - 16 Feb 2022

Konten kreator atau pembuat konten merupakan sebuah pekerjaan yang akhir-akhir ini menjadi minat banyak generasi muda di Indonesia. Bagaimana tidak, pekerjaan ini berpotensi untuk menghasilkan uang dalam jumlah yang besar. Sehingga banyak sekali yang mulai penasaran bagaimana cara menjadi konten kreator Instagram.

Aplikasi Instagram merupakan aplikasi yang banyak peminat dan penggemarnya di Indonesia. Sehingga menjadi konten kreator di media sosial Instagram akan sangat menguntungkan. Anda juga berkesempatan untuk berhubungan dengan lebih banyak orang untuk menambah relasi pertemanan.

Keahlian yang Harus Calon Konten Kreator Instagram Miliki

Sebagai seorang calon konten kreator di Instagram, Anda akan membutuhkan keahlian-keahlian yang berkaitan dengan pembuatan konten tersebut. Semua keahlian ini idealnya Anda ketahui dengan baik sehingga tidak menemui kesulitan ketika membuat konten.

Berikut ini adalah keahlian konten kreator Instagram yang harus Anda miliki. Silakan menyimak dengan baik ulasan ini agar Anda dapat membuat persiapan yang matang.

  1. Keahlian Copywriting

    Copywriting adalah sebuah keahlian untuk membuat materi pemasaran guna membujuk pembaca atau audiens untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan. Mudahnya, copywriting merupakan semacam kata-kata untuk mempromosikan produk atau konten yang Anda buat di Instagram.

    Keahlian Anda dalam bidang copywriting akan menentukan banyaknya audiens yang akan tertarik untuk melihat lebih jauh mengenai konten buatan Anda. Selain itu, copywriting yang handal juga dapat menarik para audiens untuk terus mengikuti setiap konten yang Anda buat di Instagram.

    Sekarang ini tugas seorang copywriter tidak hanya sebatas pembuatan caption postingan yang indah saja. Seorang copywriter juga harus mampu untuk merancang landing page yang informatif, artikel yang menjual, dan materi microblog Instagram.

  2. Keahlian Desain

    Desain merupakan salah satu keahlian yang harus Anda miliki bila ingin menjadi konten kreator di Instagram. Hal ini karena instagram merupakan media sosial yang berbasis gambar. Sehingga Anda harus dapat menyampaikan informasi dengan cantik melalui desain-desain yang menarik dan komunikatif.

    Netizen di Instagram cenderung lebih menyukai konten kreator yang halaman Instagramnya menarik dan memiliki tema-tema tertentu pada setiap postingan. Memiliki keahlian desain merupakan cara menjadi konten kreator Instagram yang cukup berat dan merepotkan untuk sebagian orang yang tidak kenal desain sebelumnya.

    Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir karena sekarang ada aplikasi desain bernama Canva. Aplikasi ini memuat banyak sekali template jadi yang cantik-cantik yang bisa langsung Anda pakai dan edit sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, biaya untuk berlangganannya juga tidak mahal sehingga tidak akan memberatkan konten kreator pemula.

  3. Keahlian Video Editor

    Tidak jauh berbeda dengan keahlian desain, video editor juga termasuk keahlian yang membutuhkan sedikit bakat dan minat untuk mempelajarinya. Karena memasukkan konten video ke akun Instagram sekarang menjadi lebih bernilai, maka penting sekali untuk belajar mengenai video editor.

    Anda tidak perlu mempersembahkan sebuah video dengan efek cinematic yang apik dan rapi, melainkan video informatif yang mudah dipahami. Hanya sebatas itu saja audiens akan menghampiri akun Instagram Anda. Memanfaatkan aplikasi video editor yang instan juga dapat menjadi alternatif yang bagus untuk memulai proyek video pertama Anda.

Tips Cara Menjadi Konten Kreator Instagram yang Menarik

Untuk menjadi konten kreator Anda minimal memiliki ketiga keahlian di atas. Namun, Anda bisa mempelajarinya satu per satu seiring berkembangnya akun Instagram Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang konten kreator yang dapat menarik banyak audiens dengan mudah.

  1. Konten Instagram yang Sesuai dengan Passion

    Setiap konten kreator pasti memiliki bahasan tersendiri di setiap postingannya. Ada yang membahas tentang teknologi, skincare, make up, hingga kesehatan mental. Untuk membuat konten-konten mengenai hal tersebut pastinya Anda membutuhkan pengetahuan yang cukup, kan?

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda menentukan konten bahasan di Instagram yang sesuai dengan passion Anda. Jadi, Anda akan lebih nyaman untuk membagikan ilmu tersebut dan perkembangannya. Anda juga dapat mengolah bahan materi menjadi lebih menarik lagi karena menguasai bidang tersebut.

  2. Miliki Ciri Khas Tersendiri

    Konten-konten yang dapat menarik banyak audiens adalah konten yang bermanfaat dan informatif. Namun, untuk membuat audiens terus kembali dan terus kembali, Anda membutuhkan sebuah keunikan dan ciri khas tersendiri. Hal ini akan membuat audiens selalu ingat mengenai konten Anda dan nyaman dengan cara penyampaian Anda.

  3. Ikuti Tren yang Sedang Ramai

    Tips berikutnya untuk membuat konten Instagram yang menarik adalah dengan mengikuti hal-hal yang sedang tren. Dalam beberapa saat pasti ada tren yang netizen sukai sehingga Anda dapat memanfaatkan hal itu untuk menarik mereka ke akun Instagram Anda.

    Sesuatu yang sedang tren tersebut seperti penggunaan konsep video yang berbeda dan kekinian atau format postingan gambar. Jadi, bukan bahasan konten Instaggramnya yang mengikuti tren.

    Kalau Anda selalu mengikuti bahasan konten yang sedang tren, maka sama saja pembahasan konten Anda akan berbeda-beda. Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat membuat audiens bingung dengan tujuan dan fokus dari akun Instagram Anda.

    Akibatnya pada audiens akan selalu menanti konten-konten baru di akun Instagram Anda. Lama kelamaan akun Anda akan semakin berkembang dan menjangkau lebih banyak audiens.

Begitulah cara menjadi konten kreator Instagram. Setiap keahlian dan tips tersebut dapat Anda pelajari secara perlahan. Tentunya akan memakan waktu yang tidak sedikit sehingga Anda harus tekun belajar dan tidak mudah menyerah.