Blog >
Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Oleh: Tim Cuit - 11 Feb 2022

Anda pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi TikTok. Ya, aplikasi yang saat ini sedang marak digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Jika Anda termasuk salah satu pengguna TikTok, Anda pasti banyak menjumpai konten-konten yang muncul di berAnda Anda atau fyp. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menjadi konten kreator TikTok?

Aplikasi TikTok kini tengah menjadi pusat perhatian orang di seluruh penjuru dunia. Tak hanya itu, kini segala jenis informasi pun dapat Anda dapatkan melalui aplikasi TikTok ini.

Berawal dari kemunculannya di tahin 2016, kini aplikasi satu ini semakin berada di atas angin. Pasalnya, tak hanya berisikan video jogetan, aplikasi satu ini pun kini laris dan banyak digunakan oleh brand besar sebagai platform pemasaran.

Video yang diunggah dalam sebuah akun TikTok pun tidak semata-mata hanya untuk hiburan belaka. Menariknya, seorang pembuat atau konten kreator TikTok tersebut dapat meraup banyak rupiah melalui aplikasi yang sedang menjadi trending ini.

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok Bagi Pemula

Meembuat dan mengunggah video di TikTok tidak hanya semata-mata sebagai hiburan loh. Banyak para pemilik akun TikTok berusaha bagaimana caranya agar video mereka muncuk di berAnda atau fyp agar lebih mudah dikenal oleh pengguna TikTok.

Namun, untuk menjadi seorang konten kreator, sebaiknya Anda pahami dulu tips menjadi konten creator berikur ini:

  1. Menentukan Merk dan Branding

    Setelah Anda membuat akun TikTok, Anda perlu membuat merk Anda sendiri. Pastikan merk yang Anda buat nampak berkesan sehingga followers Anda akan mudah mengingatnya. Tak hanya itu, Anda perlu membumbui konten Anda dengan beberapa hal yang menarik untuk menambah kesan konten TikTok Anda.

    Selain itu, Anda juga perlu menentukan fokus atau tema akun TikTok Anda. Apakah Anda ingin berfokus pada kesehatan, hiburan, teravelling, dan lain sebagainya. Jika perlu, Anda dapat melakukan survey terlebih dahulu konten seperti apa yang memiliki persentase tinggi untuk viral.

  2. Konten dan Followers

    Anda wajib memperbanyak followers setiap harinya dan rutin mengupload konten. Tentunya konten yang Anda sajikan harus Anda kemas semenarik mungkin guna menambah ketertarikan viewer konten Anda.

    Anda bisa memulai dari orang terdekat Anda ataupun mempromosikan akun TikTok Anda kepada teman-teman Anda. Anda juga bisa meminta bantuan teman Anda untuk membagikan link akun TikTok Anda melalui sosial media yang teman Anda miliki. Sehingga semakin banyak pengguna TikTok yang lain yang mengetahuinakun Anda.

  3. Share

    Bagi seorang konten kreator TikTok pemula, Anda tak perlu ragu untuk membagikan video Anda kepada keluarga dan kerabat. Anda juga dapat memposting video TikTok yang Anda buat ke media sosial Anda yang lain seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Ini merupakan salah satu langkah awal untuk memperkenalkan akun yang Anda miliki serta menambah followers Anda.

Cara Membuat Konten TikTok Yang Menarik

Untuk menghasilkan video TikTok yang menarik, tentunya ada cara dan tips-tips tertentu yang harus Anda miliki sebagai seorang konten kreator. Oleh karena itu, untuk menjadi konten kreator TikTok terkenal Anda perlu memperhatikan video yang Anda buat. Berikut tips dalam membuat konten TikTok yang menarik bagi Anda yang masih pemula:

  1. Detik Awal Video Harus Menarik

    Pastikan dari detik awal video Anda sudah Anda konsep semenarik mungkin. Video yang sudah terlihat menarik di awal tentunya akan semakin menambah ketertarikan viewer dari konten Anda. Selain itu, Anda jangan membuat video yang terlalu panjang jika Anda tidak ingin viewer Anda menganggap konten Anda membosankan.

  2. Konsisten Membuat Konten

    Dalam menjadi konten kreator TikTok, pastikan Anda menjadi konten kreator yang konsisten. Baik konsisten dalam membuat video maupun konsisten dalam memfokuskan tema video Anda. Anda bisa lebih mengembangkan dan meningkatkan kreativitas Anda dalam pembuatan konten-konten Anda.

  3. Gunakan Backsound yang Sedang Viral

    Seperti yang Anda ketahui, video yang muncul di berAnda atau fyp Anda kebanyakan adalah video dengan backsound yang sedang booming atau lebih dikenal dengan sebutan viral. Nah Anda bisa menggunakan backsound yang sedang viral seperti itu untuk menambah peluang video Anda muncul di fyp ataupun dicari oleh pengguna TikTok.

  4. Gunakan Hastag

    Menggunakan hastag juga menjadi salah satu hal yang penting dalam proses penguploadan konten TikTok Anda. Pasalnya, melalui hastag ini para pengguna TikTok dapat mencari video yang sedang viral atau video yang mereka inginkan dengan mudah dan lebih fokus dari pada harus menscroll fyp atau beranda. Jadi Anda juga perlu mencantumkan hastag saat mengupload konten atau video Anda.

  5. Menggunakan Konten Edukasi

    Jika Anda seorang pemula dan bingung dengan tema yang cocok untuk Anda, Anda bisa mencobanya dengan konten yang bertema edukasi. Dengan menggunakan backsound yang sedang viral dan beberapa gerakan sederhana saja Anda bisa membuat konten TikTok versi sederhana namun banyak peminatnya.

    Jika Anda tetap merasa kesulitan dalam mencari dan menentukan tema dari konten yang akan Anda buat, Anda dapat melakukan survey dengan melihat video-video dari konten kreator lainnya. Dari situ, Anda mungkin akan mendapatkan ide atau pAndangan terkait konten yang ingin Anda buat.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara menjadi konten kreator TikTok bagi seorang pemula dan tips untuk membuat video atau konten TikTok yang menarik. Pastikan Anda selalu konsisten dan kreativ dalam membuat konten Anda. Semoga bermanfaat.