Blog >
Cara Memilih Influencer yang Lebih Tepat

Cara Memilih Influencer yang Lebih Tepat

Oleh: Tim Cuit - 9 Feb 2022

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan influencer. Belakangan ini sebutan influencer sedang marak digencarkan oleh masyarakat. Nah, tahukah Anda cara memilih influencer yang lebih tepat?

Seperti yang Anda ketahui, influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap orang lain, seperti selebritis, youtuber, selebgram dan lain-lain.

Sebagian masyarakat bahkan menjadikan influencer sebagai pAndangan atau patokan dalam kebiasaan sehari-hari misalkan dalam urusan style, fashion, ataupun kebiasaan sehari-hari lainnya. Bagi orang yang stylish, tentunya akan memilih influencer yang stylish juga. Sedangkan orang yang senang dengan dunia kesehatan seperti yoga, senam, gym dan lain sebagainya tentunya akan memilih influencer yang memiliki minat yang sama.

Tak hanya itu, belakangan ini influencer pun banyak diincar oleh sebagian orang yang sedang menjalankan bisnis. Jadi tak heran hampir semua influencer membuka atau menyediakan yang namanya endorse.

Dewasa ini, banyak masyarakat yang menggunakan jasa influencer sebagai jembatan untuk mempromosikan bisnis yang mereka jalankan. Hal itu tak lain karena tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terutama terhadap rekomendasi yang dianjurkan oleh influencer tersebut.

Tips Memilih Influencer yang Lebih Tepat

  1. Perhatikan Followers

    Followers merupakan pertimbangan yang penting jika Anda hendak menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan. Pasalnya, dengan followers yang banyak akan memungkinkan produk Anda dijangkau oleh banyak pengguna akun sosial media yang mengikuti influencer tersebut.

  2. Orisinalitas Influencer

    Dibalik followers yang banyak, Anda perlu memperhatikan lagi dan berhati-hati. Pasalnya kini sedang marak yang namanya jual beli followers hanya untuk menaikkan pamong. Jadi Anda perlu berhati-hati dan jangan sampai tertipu.

    Anda akan mengalami kerugian yang besar jika sampai salah memiih influencer yang ternyata followersnya tidak orisinil. Hal ini karena produk Anda hanya akan dipromosikan kepada followers pasif sehingga tidak ada keuntungan yang Anda dapatkan.

  3. Engagement

    Engagement dapat menjadi pertimbangan yang cukup penting juga bagi Anda. Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana hubungan/relasi influencer dengan followers. Anda harus jeli apakah kebanyakan followers yang mengikuti influencer tersebut benar-benar fans ataukah justru haters? Jadi Anda perlu berhati-hati.

  4. Relevansi Brand

    Jika Anda seorang pebisnis yang hendak menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk Anda, pastikan produk Anda relevan dengan influencer tersebut. Jadi, Anda perlu mengetahui dan mengecek terlebih dahulu riwayat postingan influencer beberapa hati terakhir. Jika influencer tersebut mempromosikan produk yang sejenis dengan bisnis Anda, maka Anda bisa melihat engagement dari promosi produk tersebut.

  5. Feed Influencer

    Sebelum menggunakan jasa influencer, Anda perlu memperhatikan intensitas update konten influencer tersebut. Sehingga untuk beberapa waktu sebaiknya Anda memantau soal media influencer tersebut.

    Usahakan Anda mencari influencer yang tidak terlalu over dalam memposting sesuatu. Tak hanya itu, Anda juga bisa melalukan brand apa saja yang pernah bekerja sama dengan influencer tersebut melalui feed instagramnya.

  6. Sosial Media Influencer

    Setiap influencer terkadang memiliki beberapa socsal media yang berbeda seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Jika Anda seorang pebisnis, Anda dapat mempertimbangkan sosial media mana yang Anda inginkan sebagai jembatan untuk mempromosikan bisnis Anda.

  7. Riwayat Influencer

    Yang tak kalah penting dalam memilih influencer yang tepat adalah reputasi influencer itu sendiri. Jika Anda seorang pebisnis yang ingin memakai jasa influencer, pastikan influencer tersebut memiliki citra positif dalam kacamata masyarakat. Hindari influencer yang sedang tersandung kasus ataupun yang terlalu kontroversial.

  8. Sesuaikan dengan Budget Anda

    Anda yang seorang pebisnis tak harus melulu berpatokan dengan popularitas sang influencer. Bisa saja biaya kerja sama yang diajukan akan lebih mahal dari pada biaya promosi hal ini tentu akan membuat managemen keuangan bisnis Anda akan berantakan.

    Jadi Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan budget Anda. Penyesuaian budget ini juga salah satu strategi dalam pemasaran bisnis Anda, loh!

  9. Sesuaikan dengan Target Pasar Anda

    Bagi Anda kaum pebisnis, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu siapa target pasar Anda agar nantinya hasil promosi bisnis Anda maksimal. Misalkan saja target pasar Anda adalah kalangan usia 30 tahunan, maka Anda bisa mencari influencer dengan kisaran usia yang sama. Hal ini karena biasanya followersnya pun rata-rata berusia sama.

  10. Skala Promosi Produk

    Bagi Anda yang menjalankan bisnis, perhatikan terlebih dahulu skala produk Anda. Jika Anda masih baru membangun usaha dan usaha Anda masih terbilang kecil, sebaiknya Anda memilih influencer yang biayanya murah.

    Begitu juga sebaliknya, jika usaha Anda sudah terbilang besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih influencer premium.

    Tak hanya itu, influencer juga memiliki pengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Influencer yang memiliki citra positif tentunya akan memberikan pengaruh positif juga kepada Anda. Sebaliknya, influencer yang memiliki citra negatif tentunya juga akan memiliki pengaruh yang negative bagi followersnya.

    Namun sebagai pengguna sosial media yang bijak kita juga tak boleh sembarangan dalam menghujat seorang influencer. Walaupun mungkin influencer tersebut emiliki citra yang tidak cukup baik di mata masyarakat. Hal ii karena kegiatan hujat menghujat pun semakin marak dalam dunia sosial media.

    Jika Anda tak sengaja atau terlanjur mengikuti influencer yang memiliki citra buruk di mata masyarakat, Anda cukup memblokir atau unfollow influuencer tersebut tanpa perlu menghujat dan sebagainya. Sehingga Anda juga akan menjadi pengguna sosial media yang bijak.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara memilih influencer yang lebih tepat. Siapapun Anda, pebisnis atau tidak pastikan Anda tak salah dalam memilih influencer karena akan berpengaruh juga untuk Anda maupun bisnis Anda. Semoga bermanfaat.