Blog >
Gaji influencer di Indonesia

Gaji influencer di Indonesia

Oleh: Tim Cuit - 8 Feb 2022

Seringkali masyarakat mempertanyakan tentang gaji influencer di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena gaya hidup dan kesejahteraan influencer yang terlihat makmur membuat masyarakat bertanya-tanya.

Beberapa influencer besar dan ternama bahkan seringkali mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan besar. Agar pengenalan produk dan penjualannya bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan target.

Influencer besar dan ternama biasanya memiliki personal branding yang bagus. Sehingga, citra yang mereka miliki harus tetap terjaga. Karena citra yang buruk akibat perbuatan atau tindakan negatif lainnya dapat membuat karir seorang influencer terganggu. Bahkan, bisa jadi karir Anda menjadi seorang influencer terhenti.

Gaji influencer di Indonesia yang tinggi cukup sesuai dengan peranannya terhadap perusahaan dan instansi terkait. Oleh karena itu, semakin besar suatu brand atau produk maka semakin banyak pula jasa influencer dilibatkan.

Definisi, Tugas dan Gaji Influencer di Indonesia

Ada beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui mengenai influencer. Mulai dari definisi, tugas dan tanggungjawab sampai dengan gaji influencer di Indonesia. Yuk, simak ulasan berikut ini mengenai fakta menarik tentang influencer.

  1. Definisi Influencer

    Influencer adalah seorang figur yang memiliki jumlah pengikut atau followers cukup banyak di sosial medianya. Semakin terkenal dan semakin banyak pengikut dari seorang influencer tersebut, maka semakin tinggi juga gaji influencer di Indonesia tersebut.

    Influencer seringkali memiliki pengaruh yang kuat bagi para pengikutnya di sosial media. Sehingga, jika influencer tersebut merekomendasikan suatu produk, maka produk tersebut memiliki kesempatan besar untuk penggunanya gunakan.

    Pada umumnya influencer berasal dari kalangan publik figur, artis, selebgram, selebtiktok atau bahkan YouTuber. Biasanya, setiap fitur dan influencer memiliki keistimewaan dan ciri khas yang berkaitan dengan tema dari konten-konten yang dibuatnya. Sehingga, pihak perusahaan atau instansi tertentu menyesuaikan antara jenis produk atau brand dengan konten influencer.

    Di instansi tertentu, bagian yang memiliki tugas untuk melakukan branding dan mempromosikan suatu brand adalah bagian marketing. Sehingga, ada kemungkinan besar untuk membuat masyarakat atau target pasar tertarik untuk memiliki dan membeli produk yang mereka miliki.

    Biasanya, suatu brand atau produk tertentu memiliki target yang jelas. Mulai dari target pasar sampai dengan target penjualan setiap bulannya. Oleh karena itu, beberapa bagian tertentu memiliki tugas untuk memantau proses promosi dan penjualan produk.

    Salah satu strategi dan juga solusi untuk bisa mencapai target adalah melibatkan influencer. Karena budget atau pengeluaran untuk membayar jasa influencer setara dengan pengaruhnya untuk mencapai target penjualan.

  2. Tugas dan Tanggungjawab Influencer

    Setiap pekerjaan memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing yang perlu Anda persiapkan dan kerjakan sebaik mungkin. Semakin bagus konten yang influencer hasilkan, maka semakin baik juga respon yang masyarakat berikan.

    Namun bagi Anda yang ingin terjun dan menjadi seorang influencer, perlu menyiapkan beberapa hal. Mulai dari personal branding yang bagus sampai dengan memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni.

    Personal branding yang bagus perlu influencer miliki untuk bisa melakukan tugasnya dengan baik. Biasanya, influencer mendapatkan personal branding yang bagus setelah melakukan suatu tindakan heroik ataupun sukses membintangi suatu film.

    Kemudian, skill dan kemampuan dasar untuk menjadi seorang influencer yang handal juga perlu Anda latih sejak dini. Dengan cara mempelajari segala hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab yang perlu influencer penuhi.

    Salah satu contoh skill dan kemampuan dasar yang perlu influencer miliki adalah membuat dan menciptakan konten yang menarik dan berbobot. Sehingga influencer perlu melakukan perencanaan yang matang mulai dari pembuatan konten sampai dengan proses editing. Sebagian influencer juga seringkali melibatkan editor yang handal dan berpengalaman.

    Tugas dan tanggungjawab seorang influencer adalah membuat dan memastikan waktu pembuatan konten terjadwal dengan baik. Karena proses pembuatan konten memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan konten yang bagus dan menarik.

    Selain itu, tugas dan tanggungjawab influencer adalah menentukan waktu yang tepat untuk menggunggah postingan. Pada umumnya, influencer menggunggah postingan atau konten mereka saat siang atau malam hari. Untuk bisa mendapatkan atensi dari pengikut sosial media miliknya atau bahkan mencapai trending bagi YouTuber atau fyp bagi selebtiktok.

    Kemudian, influencer juga perlu memastikan jika produk atau brand milik klien atau instansi tertentu dipromosikan dengan baik. Semakin kreatif dan menarik suatu konten, maka tingkat kesuksesan influencer dalam mempromosikan produk tertentu semakin tinggi. Sehingga, pihak klien merasa puas dan sering melibatkan influencer untuk mencapai target yang sesuai.

  3. Gaji Influencer di Indonesia

    Penghasilan dan gaji influencer Indonesia memiliki tingkatan tertentu. Sesuai dengan tingkat atau kategori dari influencer tersebut. Ada 3 jenis influencer yang ada di Indonesia. Mulai dari influencer mikro, makro dan premium.

    Influencer mikro biasanya memiliki pengikut sosial media maksimal 10 ribu orang, dan kategori makro memiliki pengikut sekitar lebih dari 100 ribu orang. Sedangkan kategori dengan penghasilan tertinggi untuk menjadi influencer adalah kategori influencer makro dengan jumlah pengikut sebanyak jutaan orang di sosial media.

    Penghasilan influencer pemula dengan kategori mikro biasanya memiliki kisaran gaji dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Sedangkan influencer premium bisa mendapatkan gaji dengan kisaran mulai dari Rp 9 juta sampai dengan Rp 10 juta.

Bagaimana, menarik bukan kehidupan dan penghasilan influencer Indonesia dapatkan untuk mempromosikan suatu produk? Demikian ulasan singkat mengenai gaji influencer di Indonesia, semoga bermanfaat.