Blog >
Influencer Sukses Tak Harus Memiliki Jutaan Followers

Influencer Sukses Tak Harus Memiliki Jutaan Followers

Oleh: Suliana Khusnulkhatimah - 28 Nov 2022

Apabila influencer diidentikan dengan jutaan followers atau pengikut. Faktanya, keberhasilan seorang influencer tak melulu diukur berdasarkan jumlah pengikut yang dimiliki akun media sosialnya.

Survey bertajuk Influencer Marketing Report, menunjukkan sebanyak 48 persen perusahaan merasa bahwa engagement dengan audiens merupakan faktor terpenting yang menentukan kesuksesan seorang influencer. Artinya, dengan ribuan followers pun Anda bisa menjadi seorang influencer hebat.

Pernahkah kamu melihat temanmu yang hanya memiliki seribu hingga dua ribu pengikut, tiba-tiba mengunggah sebuah ulasan suatu produk di media sosialnya? Kalau iya, mereka merupakan influencer yang masuk ke dalam kategori nano influencer. Mereka para nano influencer bisa disebut sebagai tahap awal seseorang menjadi influencer karena baru memiliki sedikit pengikut atau jangkauan yang kecil dengan jumlah pengikut 1.000 hingga 10.000 orang.

Walau begitu, nano-influencer kerap menjadi pilihan yang pas dalam dunia marketing. Tidak sedikit perusahaan yang memilih bekerja sama dengan nano influencer yang bahkan hanya memiliki dua ribu pengikut sekalipun. Outlet media terkemuka Amerika, The New York Times, bahkan menyebut kurangnya ketenaran nano influencer adalah salah satu kualitas yang membuat mereka mudah didekati. Saat mereka merekomendasikan perawatan kulit atau merek furnitur di media sosial, kata-kata mereka tampak tulus seperti saran dari seorang teman.

Terlebih, para influencer yang masuk kategori ini cenderung ahli dalam bidang yang jelas atau sangat terspesialisasi. Artinya, seseorang memilih untuk mengikuti nano influencer karena ketertarikan atas yang disampaikan atau dibagikan oleh mereka. Para follower ini juga bersedia terlibat dengan nano influencer, termasuk mendengarkan pendapatnya. Alhasil, mereka memungkinkan terjadinya interaksi dengan pengikutnya sehingga engagement yang terjadi pun makin tinggi. Ini sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan dengan target audiens yang spesifik.

Selain besarnya engagement, nano influencer menjadi pilihan banyak perusahaan karena kemudahan dan fleksibilitasnya. Survey Hype Auditor menunjukkan 60 persen perusahaan merasa tantangan terbesar pemasaran influencer adalah menemukan dan menyusun kerja sama dengan mereka. Pada celah inilah, nano influencer menjadi jalan keluar.

Bagian terbaik dari mempekerjakan nano influencer adalah mereka dengan senang hati setuju untuk mempromosikan produk dengan biaya nominal. Nano influencer disenangi karena mereka dianggap mudah ditangani. Sebagai imbalan atas produk gratis atau komisi kecil, nano biasanya mengatakan apa pun yang diperintahkan perusahaan kepada mereka.

Bermitra dengan nano influencer juga membuat perusahaan mudah memverifikasi keaslian pengikut influencer calon mitra mereka. Pasalnya, jika ada banyak pengikut palsu di antara audiens mereka, atau pelanggan mereka tidak banyak terlibat dengan konten, perusahaan kemungkinan tidak akan mendapat manfaat dari kemitraan ini.

Walau nano influencer cocok untuk perusahaan-perusahaan dengan segmentasi produk yang spesifik. Ini tak menutup kemungkinan bagi nano influencer untuk bekerjasama dengan brand besar. Kamu mungkin berpikir brand besar hanya akan bekerjasama dengan mega influencer yang memiliki jutaan pengikut. Faktanya, mega influencer seringkali memiliki pengaruh yang kurang nyata pada audiens mereka karena mereka tidak memiliki keahlian dalam ceruk khusus yang sempit.

Terlebih, “pengaruh” di media sosial bukanlah tentang ketenaran dan popularitas. Influencer marketing adalah tentang seberapa banyak orang-orang mendengarkan pandangan dari sosok yang mereka hormati, atau setidaknya memperhatikan rekomendasi yang dibuat oleh mereka. Karena, pada dasarnya influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiens.

Atas peluang itu, CUiT hadir sebagai batu loncatan untuk menumbuhkan kesuksesan kamu sebagai influencer. Alih-alih berfokus pada mega influencer dengan banyak iklan dari banyak merek, CUiT berfokus pada nano-micro influencer yang memberikan jangkauan yang lebih alami dan keterlibatan yang lebih tinggi. Didukung dengan kecerdasan buatan atau AI, CUiT dapat secara ajaib mencocokkan dan memberi kamu peluang untuk bekerja dengan ribuan brand dan pengiklan. Jadilah influencer bersama CUiT dan bersiap untuk mulai menghasilkan uang dari pengaruh Anda.