Blog >
Jenis Konten Kreator yang Menarik Perhatian

Jenis Konten Kreator yang Menarik Perhatian

Oleh: Tim Cuit - 17 Feb 2022

Pembuat konten atau dalam bahasa Inggrisnya content creator (konten kreator) pada dasarnya yaitu seseorang yang menyampaikan pesan kepada pendengar. Dalam tulisan ini akan Anda temui pembahasan jenis konten kreator yang menarik perhatian.

Awal mula adanya konten kreator tak bisa terpisah dari internet. Hal ini karena internet merupakan sumber dan media utama para konten kreator. Melalui internet, para konten kreator bisa menciptakan dan menyebarkan kreativitas mereka.

Menjadi konten kreator bisa dari mana saja. Misalnya membuat video di TikTok dan Youtube, menulis di blog, membuat reels (video singkat) di Instagram, menyanyi di Youtube bahkan membuat tulisan singkat motivasi di Instagram.

Siapa saja bisa menjadi konten kreator dengan gampang. Yang terpenting Anda bisa membangun personal branding yang apik sesuai bidang Anda di internet dan tak malu membagikannya ke media sosial yang Anda pilih.

Pengertian Konten Kretor

Dengan memahami hakikat dan apa saja jenis konten kreator akan membantu Anda dalam meningkatkan produksi konten. Format konten terdiri dari video, kemudian teks (tulisan), gambar (foto), dan suara (audio), serta video atau jika digabung seluruhnya maka disebut multimedia.

Adapun konten merupakan isi dari sebuah informasi yang dibagikan. Sedangkan konten kreator secara istilah ialah seseorang yang menghasilkan video, tulisan, gambar, atau audio yang bertujuan mengedukasi, mendidik, menghibur atau mempromosikan suatu produk.

Seorang konten kreator dapat memilih media apa saja yang ia hendaki saat ingin membuat suatu konten. Sebelum memilih media, baiknya Anda memilih tema suatu konten dapat menarik perhatian netizen atau yang biasa disebut warganet.

Sebab, konten dengan tema yang matang dan baik bisa menambah kuantitas pengunjung dan brand Anda menjadi terkenal.

Biasanya media yang sering terpakai di antaranya blogger, media online, penulis buletin online, podcaster, YouTuber, pembuat kursus belajar, pembawa acara sebuah video game, dan lain-lain yang masih masuk dalam ranah konten kreator di internet.

Tips Konten Kreator yang Menarik Perhatian

Menjadi konten kreator adalah pekerjaan yang fleksibel. Anda bisa bermodalkan handphone dan paket internet. Namun, walau terlihat mudah dan menguntungkan, semuanya membutuhkan proses. Berikut tips agar sukses mempunyai konten yang menarik perhatian:

  • Baca Informasi Terbaru

    Anda harus update perihal informasi dan berita terbaru yang hangat. Caranya dengan mengikuti portal berita yang kredibel dan menyimak trending di Twitter.

  • Tulis Ide Secara Rutin

    Hendaknya konten kreator selalu tertata saat menuliskan ide-ide konten. Karena jika Anda tak begitu mengindahkan, bisa saja ide tersebut hilang begitu saja.

  • Pelajari Siapa Target Anda

    Anda harus mengetahui target yang Anda tuju sebelum menerbitkan sebuah konten. Maka, kenalilah karakter warganet sesuai dengan konten Anda.

Inspirasi Konten Kreator yang Menarik Perhatian

Usai paham dengan pendahuluan konten kreator di atas, berikut jenis konten kreator yang dapat menarik perhatian dan bisa Anda coba untuk menambah cuan.

Agar bisa menjadi konten kreator yang handal, selayaknya Anda harus menyiapkan kreativitas, pengetahuan, dan ide yang cemerlang. Simak tulisan selanjutnya.

Sebelumnya terdapat empat pembagian jenis konten kreator, yaitu konten kreator berbasis networker, kemudian berbasis speaker, writers dan terakhir visualizer. Keempat pembagian di atas tak lain untuk pemasaran konten atau yang dalam bahasa Inggrisnya content marketing.

Adapun content marketing erat kaitannya dengan orang pencari cuan di internet (profesi pemasaran). Mungkin, bagi Sebagian orang masih takut terjun ke dunia konten kreator karena takut tertipu di internet. Namun, jika Anda berhati-hati dan mawas diri, Anda tak akan mengalami kejadian penipuan.

Inilah jenis konten kreator yang menarik perhatian:

  • The Speaker (Pembicara)

    Jika Anda menyukai public speaking atau berbicara di khalayak umum, maka opsi menjadi konten kreator pembicara merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Biasanya pembicara membuat konten seperti podcast, review barang di YouTube, vlog, dan lain sebagainya.

  • The Writer (Penulis)

    Apabila Anda mempunyai kegemaran menulis, maka Anda bisa menyalurkannya sebagai konten kreator di bidang menulis. Ada banyak pengetahuan di dunia ini, Anda cukup menulis sesuai bidang yang Anda kuasai dan Anda sukai.

    Sebagaimana contoh konten menulis, yaitu saat Anda sedang membaca tulisan ini sekarang. Yups, tulisan ini merupakan bagian dari konten menulis.

    Sejauh ini, konten menulis banyak memiliki pengguna di antara jenis konten lainnya karena metodenya mudah dan hanya dalam waktu yang singkat.

    Selain itu, konten menulis sangat gencar sebagai sarana pemasaran suatu produk dalam bisnis. Konten menulis juga menjadi ciri khas internet itu sendiri, sebab kebanyakan orang berselancar di internet dengan membaca dan mengetik.

    Media yang bisa Anda gunakan: Blogger, media online, serta perusahaan yang membutuhkan content writer.

  • The Visualiser (Visualisator) ️

    Selanjutnya ada visualiser, yaitu seseorang yang memakai gambar guna memberi penjalasan akan suatu informasi atau konsep. Biasanya, pengguna konten ini menggunakan suara dirinya (dubbing) atau cukup video gambar bersamaan tulisan dengan latar belakang lagu yang mendukung.

    Adapun tugas utama konten kreator ini adalah mengubah semua jenis konten yang ada menjadi ilustrasi yang jelas guna menyampaikan informasi yang jelas kepada pemirsa.

    Media yang bisa Anda gunakan: YouTube, TikTok, reels Instagram, dan video di Twitter.

Begitulah jenis konten kreator yang menarik perhatian dan lainnya. Kenalilah diri Anda secara baik agar Anda bisa sukses dan bermanfaat bagi banyak orang saat menjadi konten kreator.