Blog >
Manfaat Influencer yang Jarang Diketahui Publik

Manfaat Influencer yang Jarang Diketahui Publik

Oleh: Tim Cuit - 10 Feb 2022

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan influencer. Ya, belakangan ini influencer sedang marak di kalangan masyarakat terutama dalam bidang bisnis. Banyak pebisnis yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produknya. Namun, tahukah Anda manfaat influencer yang jarang diketahui publik?

Influencer kini sedang menjadi sorotan masyarakat. Bahkan, kian hari kian banyak influencer yang bermunculan. Kemunculan setiap influencer pun berbeda-beda. Ada yang karena bakat, ada yang tak sengaja viral bahkan ada juga yang karena kontroversi.

Seperti yang Anda ketahui, dewasa ini influencer memiliki banyak pengaruh terhadap kebiasaan dan kehidupan sehari-hari. Orang akan cenderung mengikuti kebiasaan influencer yang mereka tonton. Mulai dari gaya hidup, gaya berpenampilan dan lain-lain.

Pengaruh influencer terhadap masyarakat pun berbeda-beda. Influencer yang memiliki citra yang baik dan positif tentunya akan memberikan pengaruh yang positif juga terhadap followersnya. Sebaliknya, infuencer yang memiliki citra negatif tentunya juga dapat mempengaruhi orang ke jalur yang negatif pula.

Namun, sebagai pengguna sosial media, Anda tak boleh menjadikan influencer sebagai tolak ukur pengaruh baik maupun buruk. Pasalnya, kembali lagi kepada diri masing-masing orang. Jika Anda pengguna sosial media yang bijak, tentunya Anda tidak akan mengikuti trend yang mungkin dianggap kurang baik dari seorang influencer.

Dalam kata lain, influencer memang memiliki pengaruh yang tinggi di masyarakat. Namun, semua itu kembali lagi kepada masyarakat sebagai penerima pengaruh tersebut. Apakah masyarakat menerima atau justru menolak.

Intip Manfaat Influencer yang Jarang Diketahui Publik

Seorang influencer tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas masing-masing influencer tersebutlah yang memberikan manfaat yang berbeda dari masing-masing influencer.

Berikut beberapa manfaat influencer yang jarang diketahui publik yang perlu Anda ketahui:

  1. Moodbooster

    Anda tentunya sering mengalami fase mood yang hancur. Mood yang hancur tidak baik untuk Anda dan kesehatan, loh. Nah, biasanya kebanyakan masyarakat yang sedang dalam mood yang kurang baik memilih menonton sesuatu yang dapat menghibur suasana hatinya.

    Kemunculan influencer yang memiliki kepribadian atau kebiasaan yang lucu ternyata dapat memberikan banyak manfaat kepada followersnya seperti moodbooster. Kelakuan kocak dari influencer tersebut tentunya akan menghibur dan membuat Anda melupakan kesedihan yang sedang Anda alami. Jadi, Anda patut mencobanya.

  2. Sumber Motivasi

    Siapapun pasti pernah mengalami berada di titik terendah. Titik di mana mungkin Anda merasa ingin menyerah. Namun, setiap orang pastinya memiliki berbagai cara yang berbeda untuk bangkit.

    Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan mengikuti influencer yang penuh dengan motivasi. Anda dapat menemukan banyak motivasi dari banyak influencer di berbagai media sosial. Faktanya, semakin hari pun semakin banyak masyarakat yang membangun motivasi dirinya berawal dari melihat seorang influencer.

  3. Sumber Informasi

    Seorang influencer juga bisa menjadi sumber informasi bagi Anda. Mungkin Anda pernah mengalami di mana Anda lebih memilih untuk mencari informasi dari seorang influencer yang Anda ikuti.

    Informasi tersebut tak melulu soal gosip. Misalkan saja informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Anda pasti akan lebih sering melihat video dan menggali informasi seputar kesehatan melalui akun influencer yang Anda ikuti.

    Tak hanya menggali, sebagian orang bahkan juga mengikuti kegiatan dan gaya hidup sehat seorang influencer tersebut.

    Sehingga, selain sebagai sumber informasi, secara tidak langsung seorang influencer juga bisa menjadi seorang indirect trainer bagi Anda dalam melakukan hal yang Anda inginkan. Mulai dari bagaimana cara hidup sehat, bagaimana cara berpakaian yang fashionable, dan lain sebagainya.

Memilih influencer yang positif

Segala sesuatu yang berhubungan dengan manfaat tentunya memiliki nilai positif. Mempertimbangkan siapa influencer yang hendak Anda ikuti juga merupakan hal yang penting. Untuk dapat merasakan manfaat dari influencer yang Anda ikuti, pastikan vibes yang tersebar dari influencer tersebut bukanlah vibes yang negatif melainkan vibes yang positif.

Berikut tips memilih influencer agar memberikan manfaat bagi Anda:

  1. Membagikan Informasi Positif

    Memilah dan memilih siapa influencer yang hendak Anda ikuti merupakan hal yang penting untuk Anda. Salah satunya dengan memilih influencer yang sering membagikan informasi dan hal-hal positif.

    Hal positif tersebut tidak selalu perihal berpakaian yang tertutup, selalu berbicara keagaaman, dan lain sebagainya. Melainkan menyangkut bagaimana influencer tersebut menyampaikan informasi itu dan informasi sepeti apa yang mereka sampaikan.

    Sebagai pengguna sosial media, tentunya Anda tidak bisa bahkan tidak boleh memAndang baik buruk, positif tidaknya seorang influencer dari cara berpenampilannya saja, melainkan seberapa positif dan bermanfaat informasi yang mereka sampaikan. Hal tersebut juga menjadi salah satu poin positif dari seorang influencer yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda.

  2. Tidak Menimbulkan Kontroversi

    Ahir-ahir ini tentunya Anda banyak menjumpai kata pansos atau panjat sosia. Sebagian masyarakat kerap kali menyandigkan kata pansos dengan seorang influencer yang kontroversial. dengan seorang influencer yang kontroversial.

    Pasalnya, kini banyak yang menempuh berbagai macam cara untuk menaikkan pamornya atau mendapatkan panggung. Salah satunya dengan memimbulkan kontroversi.

    Jadi, sebaiknya influencer yang Anda ikuti bukanlah influencer yang penuh dengan kontroversi. Kerap kali ketika seseorang melihat sesuatu yang kontrovesi malah menimbulkan rasa kesal tersendiri. Maka dari itu, ada baiknya agar Anda menghidari influencer yang demikian.

Itulah informasi mengenai manfaat influencer yang jarang diketahui publik serta tips untuk memilih influencer sehingga berefek positif kepada Anda. Semoga bermanfaat.