Blog >
Mengintip Penghasilan Konten Kreator TikTok

Mengintip Penghasilan Konten Kreator TikTok

Oleh: Tim Cuit - 14 Feb 2022

Pada zaman modern seperti sekarang ini memang banyak pekerjaan yang hilang akibat perkembangan teknologi. Tetapi ada banyak pula pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan bantuan teknologi. Salah satunya adalah menjadi konten kreator di aplikasi TikTok.

Menjadi konten kreator mengharuskan Anda menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif. Anda harus dapat menghadirkan konten yang dapat memberikan manfaat dan menarik bagi audiens di TikTok. Bekerja sebagai konten kreator di TikTok membuat Anda dapat lebih berekspresi dan mengeluarkan semua potensi yang ada dalam diri Anda.

Anda tidak akan terbatas lagi dengan jam kerja kantoran yang membuat Anda harus bangun pagi dan pulang petang. Tidak ada pula jam lembur yang mengharuskan Anda untuk mengerjakan pekerjaan di luar jam kerja. Anda juga tidak akan tertekan dengan lingkungan kerja yang terkadang sering tidak sehat.

Pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel seperti ini pastinya menjadi impian semua orang. Anda pun pasti tertarik untuk mencoba menjadi konten kreator di aplikasi TikTok, kan? Nah, sebelum itu Anda pastinya tertarik pula untuk mengintip penghasilan konten kreator TikTok di Indonesia.

Bagi orang yang masih awam sering kali tidak akan percaya bahwa konten kreator dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang. Karena bagaimanapun ini termasuk pekerjaan yang baru saja muncul akibat perkembangan dari teknologi.

Bagaimana Konten Kreator TikTok Mendapatkan Penghasilan?

Mari mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara seorang konten kreator TikTok bisa mendapatkan penghasilan. Sehingga Anda bisa lebih mudah mempercayai bahwa konten kreator bisa menghasilkan uang.

Untuk mendapatkan uang melalui aplikasi TikTok sebenarnya ada banyak cara. Setiap cara tersebut memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh aplikasi TikTok. Berikut ini adalah cara-cara menghasilkan uang dari aplikasi TikTok.

  1. Program Referral Aplikasi TikTok

    Cara pertama untuk mendapatkan uang adalah dengan memanfaatkan program referral dari aplikasi TikTok. Program referral sendiri merupakan sebuah program untuk mengajak orang lain untuk memasang dan menggunakan aplikasi TikTok juga. Dari setiap orang yang berhasil Anda ajak, Anda akan mendapatkan komisi dari TikTok.

    Agar komisi tersebut bisa terkreditkan ke akun Anda, maka Anda harus memastikan bahwa orang yang Anda ajak memasukkan kode referral di aplikasi TikTok. Nah, sekarang sudah sedikit mengintip penghasilan konten kreator TikTok dengan cara termudah dan tarif yang termurah.

  2. Berbisnis di TikTok Shop

    Pada awal pembahasan tadi, Anda tahu bahwa seorang konten kreator harus menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Tetapi dengan kayanya fitur-fitur yang tersedia di aplikasi TikTok, Anda yang tidak memiliki kedua hal tersebut masih bisa bekerja dengan TikTok.

    Jawabannya ada pada fitur TikTok Shop. Fitur ini mirip buka layanan e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Hal yang berbeda adalah Anda bisa berjualan sekaligus melakukan promosi dengan bermain TikTok. Sebuah cara yang seru dan komunikatif untuk berbisnis, kan?

  3. Jasa Endorse Produk

    Cara berikutnya adalah dengan membuka jasa endorse produk melalui aplikasi TikTok. Anda tentu pernah melihat seorang konten kreator tiba-tiba merekomendasikan atau mempromosikan sesuatu melalui konten videonya, kan? Inilah yang merupakan jasa endorse produk itu.

    Jadi, Anda hanya perlu membuat akun Anda memiliki banyak pengikut dan video-video TikTok yang keren. Dengan begini para pemilik produk tidak akan berpikir dua kali untuk menghubungi Anda dan menawarkan kerja sama.

    Anda juga dapat membuat konsep-konsep video yang menarik dan beragam. Sehingga calon pelanggan Anda tahu bahwa Anda bisa memasarkan produk apapun itu.

  4. Affiliate Program

    Ini merupakan program hasil kolaborasi antara TikTok Shop dengan pengguna TikTok. Peran Anda di program ini adalah mengiklankan produk-produk pilihan Anda di TikTok Shop melalui konten-konten TikTok di akun Anda. Bila ada yang tertarik dan membelinya dari link afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

    Program affiliate merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari TikTok dengan mudah. Karena Anda hanya perlu membuat konten semenarik mungkin menggunakan produk-produk di TikTok Shop. Namun, bila Anda merasa tidak memiliki modal untuk membelinya terlebih dahulu, Anda bisa membuat konten rekomendasi produk.

    Untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi biasanya seorang konten kreator yang memilih jalur ini tidak hanya affiliate dengan TikTok Shop. Mereka juga mengikuti program affiliate dari e-commerce lain sehingga komisi yang diperoleh berlipat-lipat.

Kisaran Penghasilan Konten Kreator TikTok di Indonesia

Nah, inilah pembahasan yang sudah Anda tunggu-tunggu sejak tadi. Bukan hanya mengintip penghasilan konten kreator TikTok, tetapi di sini Anda akan mendapatkan angka perkiraannya. Perlu Anda ketahui bahwa penghasilan seorang konten kreator di Tikto bergantung pada audiens dan pengikut dari akun tersebut.

Sehingga sangat mungkin terjadi perbedaan yang cukup jauh antar satu konten kreator dengan yang lainnya. Untuk konten kreator di Indonesia saat ini kiraan penghasilannya adalah mencapai 40 jutaan per satu postingan video. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah konten menarik dan inspiratif di aplikasi TikTok.

Menariknya nilai tersebut masih ada kemungkinan untuk naik lagi bila terjadi penambahan follower atau rata-rata jumlah penonton dari biasanya. Belum lagi bila Anda mendapatkan tawaran endorse sebuah produk, maka bisa dipastikan bahwa penghasilan Anda akan lebih banyak lagi.

Itulah jawaban dari keinginan untuk mengintip penghasilan konten kreator TikTok. Setelah mengetahui kisaran penghasilannya, apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu konten kreator di aplikasi TikTok?