Blog >
Peralatan Konten Kreator yang Wajib Dimiliki

Peralatan Konten Kreator yang Wajib Dimiliki

Oleh: Tim Cuit - 20 Feb 2022

Di era teknologi, konten kreator bisa menjadi profesi sampingan yang menambah cuan. Bahkan tak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Hal ini, karena jika Anda menekuni konten creator dengan tekun bisa menghasilkan cuan yang fantastis. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa peralatan konten kreator yang wajib dimiliki? Simak tulisan ini secara lengkap.

Sebagaimana yang kita ketahui, konten creator ada banyak jenisnya. Jika Anda hendak menjadi penulis konten, maka Anda hanya perlu menyiapkan laptop saja. Namun, jika Anda ingin menjadi konten kreator berupa video, audio atau desain, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang menunjang konten Anda.

Adapun, secara umum konon konten berupa gambar dan video adalah hal yang paling banyak menarik peminat warganet. Platform yang sering warganet pakai di antaranya TikTok, Instagram Reels, dan YouTube.

Peralatan Konten Kreator yang Wajib Dimiliki

Di bawah ini akan Anda temui peralatan konten kreator yang wajib dimiliki. Yuk simak agar bisa menjadi konten kreator yang handal.

  • Kamera

    Peralatan konten kreator yang pertama adalah kamera. Dengan kamera, Anda bisa membuat konten berupa video. Tipe kamera ada banyak, cukup sesuaikan dengan tema besar konten Anda. Jika Anda pembuat konten tentang alam, Anda bisa membeli drown.

  • Monopod, Tripod, atau Stabilizer Kamera

    Baik monopod, tripod, dan stabilizer kamera memiliki peran masing-masing yang saling bersinergi. Monopod memiliki fungsi mirip tongsis. Namun, biasanya ia lebih ringan dan punya satu kaki.

    Sementara tripod bisa Anda gunakan saat syuting, baik saat merekam diri sendiri atau objek yang lain. Adapun tripod memiliki tiga yang berfungsi meletakkan kamera atau handphone, sehingga lebih kuat daripada monopod. Pilihlah tripod yang kuat agar bisa menahan berat handphone atau kamera Anda.

    Selanjutnya stabilizer kamera berfungsi merekam video yang mana objeknya tak berdiam diri alias bergerak.

  • Laptop

    Bukan hal yang baru lagi, jika konten kreator wajib memiliki laptop. Baik konten creator yang paling sederhana, seperti penulis konten hingga pembuat video, semuanya membutuhkan laptop.

    Adapun fungsi laptop tak hanya untuk menulis, tetapi sangat urgen bagi Anda yang menghadapi editing. Laptop atau komputer yang memiliki kapasitas editing yang bagus akan mampu menjalani software editing. Oleh karenanya, pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan konten Anda.

  • Mic (Audio Recorder)

    Untuk Anda yang hendak terjun sebagai konten kreator dengan konten yang mengandung suara, selayaknya Anda memiliki mic atau audio recorder. Dengan mic yang berkualitas, suara Anda akan terdengar jelas dan nantinya tak akan mendapat complain dari pengunjung.

    Di samping tampilan video yang bagus, bukan hal baru lagi jika pengunjung juga mempertimbangkan suara di sebuah konten.

  • Software (Peralatan Youtuber untuk Editing)

    Jika Anda telah menyelesaikan videonya, maka selanjutnya adalah tahap editing (menyunting) video. Software merupakan peralatan yang lumrah Youtuber gunakan kala melakukan tahap editing.

    Selain itu, software juga lengkap dengan fitur menambah latar belakang (background) musik dan thumbnail (cover video). Software ada beraneka ragam. Jika Anda masih pemula, Anda bisa memilih software gratis.

    Beberapa andalan software untuk Youtuber di antaranya videopad dan windows movie maker. Kedua software ini pengoperasiannya sangat gampang dan cocok bagi konten kreator pemula. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan fitur-fitur maupun ikon yang terdapat di software agar hasil editing videonya bisa maksimal.

    Adapun jika Anda ingin menyunting gambar, maka Canva bisa menjadi pilihan editing. Pengoperasian canva tidak wajib lewat aplikasi. Anda bisa juga mengakses lewat browser. Setelah melalui proses editing, selanjutnya konten Anda sudah siap untuk Anda unggah.

  • Kapasitas Memori yang Cukup

    Siapkan kamera atau handphone dengan kapasitas memorinya yang cukup. Saat Anda ingin merekam video atau mengambil gambar, tentunya Anda tidak ingin pekerjaan Anda tiba-tiba tertunda hanya karena memorinya tak cukup. Karena hal ini bisa berakibat fatal, seperti harus mengulang rekaman sedari awal.

    Lebih baik Anda berinvestasi dengan membeli memori yang sesuai kebutuhan Anda, daripada harus menyia-nyiakan waktu produktif Anda.

  • Koneksi Internet

    Kemudian ada koneksi internet yang perannya sangat vital. Hal ini karena internet yang akan menghubungkan konten Anda kepada warganet. Koneksi internet yang bagus akan memudahkan Anda saat mengunggah suatu konten. Tentunya jika Anda ingin proses unggahan berjalan lancar, Anda harus menyiapkan koneksi internet yang bagus. Maka dari itu, pilihlah wifi atau provider kartu yang mumpuni.

  • Lighting

    Lighting atau pencahayaan sangat Anda butuhkan jika Anda memproduksi konten video indoor. Fungsi dari lighting adalah untuk menghilangkan bagian-bagian gelap saat Anda take video di sebuah ruangan. Jika bagian gelapnya hilang, video Anda akan berkualitas baik. Namun, jika Anda mengambil konten di luar ruangan, maka Anda tak perlu mempunyai ini, sebab sudah ada cahaya matahari.

  • Ring light

    Selanjutnya ada ring light atau yang biasa Anda ketahui sebagai lampu cincin. Bentuknya seperti lingkaran ala cincin besar dan mampu menghasilkan pencahayaan yang baik.

    Biasanya ring light menjadi andalan vlogger karena bagian tengah Nampak netral dan bagian tepi menjadi lebih terang. Namun, jika Anda belum mempunyai budget untuk membeli ring light, maka sebaiknya Anda take video di ruangan yang terpapar langsung dengan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami untuk video Anda.

Begitulah peralatan konten kreator yang wajib dimiliki. Anda sudah punya yang mana saja?