Blog >
Rekomendasi Stok Konten Video Gratis dan Tanpa Copyright

Rekomendasi Stok Konten Video Gratis dan Tanpa Copyright

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 10 Jun 2022

Hai! Pernah dong mengalami kehabisan stok video untuk bikin konten? Sekarang, kamu sudah tidak lagi kebingungan kalau kehabisan video. Karena, minCUiT akan membantu kamu memberikan referensi stok video yang dapat kamu download tanpa copyright. Penasaran? Yuk cek artikel minCUiT di bawah ini:

  1. Pexels

    Awalnya, Pexels adalah situs penyedia foto. Kemudian, Pexels mengembangkan diri menjadi situs yang juga menyediakan video. Kelebihan Pexels dari situs penyedia footage lainnya adalah, Pexels menyediakan mockup yang memiliki green screen untuk kemudian diedit menggunakan teknik Chroma Keying. Semua footage yang disediakan Pexels memiliki lisensi Creative Commons Zero (CC0) yang berarti kamu dapat secara bebas menggunakannya untuk keperluan personal dan komersial tanpa perlu menyertakan credits.

  2. Pixabay

    Pixabay memiliki kapasitas ketersediaan foto dan video sebanyak 1,5 juta stok yang dapat diunduh secara gratis. Layaknya Pexels, video-video yang tersedia di situs ini juga berlisensi Creative Commons Zero (CC0) sehingga kamu bebas menggunakannya untuk keperluan apa pun. Kebanyakan footage di Pixabay berdurasi kurang dari 60 detik. Adapun jenis dan kualitas yang ditawarkan adalah motion graphic, HD footage, video 4K, hingga looping clips.

  3. Videvo

    Situs gratis berikutnya adalah Videvo. Videvo menyediakan stok footage dengan kualitas 720p, 1080p, dan 4K. Selain foto dan video, Videvo menyediakan stok footage berdasarkan pengelompokann seperti drone footage, lifestyle, business, nature, hingga Covid-19. Yang menjadikan Videvo berbeda dengan situs lain adalah Videvo Standard License dan Creative Commons 3.0.

    Bedanya adalah video yang berada di bawah Videvo Standard License bisa kamu download dan gunakan secara bebas untuk keperluan apa pun. Namun jika ingin mengunggahnya, kamu harus mengeditnya seperti menambah tulisan, musik, dan efek.

    Sementara itu, video yang berada di bawah lisensi Creative Commons 3.0 dapat digunakan untuk keperluan apa pun dengan syarat memberikan credits pembuat video.

  4. Splitshire

    Bedanya dengan situs yang lain, Splitshire hanya menyediakan footage yang berasal dari 1 orang. Orang tersebut adalah Daniel Nanesco. Sebagian besar video yang ada pada Splitshire adalah footage yang bertema alam dan outdoor. Kamu dapat mengambil footage melalui Splitshire, namun tidak dapat menggunakannya untuk diperjualbelikan.

  5. Life Of Vids

    Dengan memberikan fitur footage gratis, minCUiT memberikan rekomendasi untuk kamu yaitu Life Of Vids. Kamu dapat mengunduh secara gratis dan tanpa watermark.

  6. Clip Still

    Seperti situs lainnya, Clip Still juga memberikan footage gratis. Bedanya dengan situs yang lain, Clip Still mengunggah footage baru setiap bulannya. Cukup dengan memasukkan keyword yang ingin kamu cari, maka kamu akan disajikan berbagai footage yang similar atau mirip dengan keyword yang dicari. Enjoy!

Itu dia CUiT-ers, Rekomendasi Stok Konten Video Gratis dan Tanpa Copyright. Sekarang kamu sudah tidak lagi kebingungan untuk mencari footage gratis yaa.