Blog >
Skill Digital Ini Membantu Kamu Untuk Melewati Financial Crisis

Skill Digital Ini Membantu Kamu Untuk Melewati Financial Crisis

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 17 Mei 2022

Sepertinya saat ini semua orang tengah menghadapi permasalahan yang sama setelah melewati pandemi Covid-19. Dimana, banyak sekali berbagai sektor ekonomi pergerakannya menjadi lambat bahkan berhenti. Banyak sekali orang-orang dituntut untuk terus bisa bertahan hidup di tengah-tengah peraturan daerah yang menerapkan PPKM dengan berbagai level di Indonesia. Sehingga, menyebabkan daya beli konsumen menurun drastis.

Akhirnya, banyak yang beralih untuk belajar hal dan mengasah keterampilan digital untuk dikomersilkan. Aktivitas menjualkan barang-barang melalui portal digital juga meningkat loh di Indonesia selama kurang lebih 2 tahun kebelakang ini. Seperti kutipan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Januari 2021 silam:

Dengan cukup tingginya peningkatan penggunaan ranah digital dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini, kami mencoba merangkum beberapa skill yang bisa kamu tingkatkan untuk menghadapi dan melewati Life Crisis Financial. Berikut rangkumannya:

  • Digital Marketing

    Istilah Digital Marketing saat ini bukanlah menjadi sesuatu yang awam untuk diperbincangkan. Digital Marketing sangat dibutuhkan di segala industri. Mudahnya, Digital Marketing menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.

  • SEO (Search Engine Optimization)

    Untuk yang belum familiar dengan SEO, SEO sangat erat hubungannya dengan website. Dengan memiliki website, bisnis dapat menjangkau calon konsumen di internet. Namun, ada usaha yang harus dilakukan agar website bisnis kita dapat dijangkau oleh calon konsumen. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan optimasi SEO pada website.

    Dengan menerapkan optimasi SEO, website kita bisa dinilai positif baik dari sisi mesin pencari maupun pembaca. Sehingga, website kita berpeluang untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak dari mesin pencari.

  • Social Media Marketing

    Social media marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan produk dan jasa secara luas. Cara ini telah teruji efektif untuk memajukan bisnis suatu perusahaan. Dengan menguasai strategi social media yang tepat bagi sebuah perusahaan atau bisnis, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan.

  • Illustration

    Ilustrasi adalah peluang bisnis menguntungkan, mengingat media sosial sekarang sudah menjadi tempat bagi setiap perusahaan dari berbagai bidang untuk terhubung satu sama lain ataupun dengan pelanggannya. Menggunakan ilustrasi untuk kebutuhan kampanye penjualan menjadi trend pada beberapa tahun belakang ini karena secara visual juga sangat segar dan tidak membosankan.

  • Coding

    Investasi terbaik untuk masa depan adalah ilmu. Ilmu yang berguna sangat berarti untuk investasi. Hidup di era Revolusi Industri 4.0 kita harus mampu menguasai teknologi agar mampu bersaing dengan individu yang lain. Maka tak heran, programmer merupakan salah satu profesi yang paling dicari di era Revolusi Industri 4.0. Skill coding merupakan skill yang wajib dimiliki apabila kamu ingin menjadi seorang programmer.

  • Graphic Design

    Pekerjaan seorang graphic designer adalah membuat konsep visual menggunakan software komputer atau langsung dengan tangan, untuk mengkomunikasikan ide yang dapat menginspirasi, memberi informasi dan menarik minat pembeli. Memiliki keahlian sebagai seorang designer juga saat ini sudah banyak sekali ragamnya, seperti:

    1. Marketing & Advertising Designer;
    2. Packaging Designer;
    3. Web & User Interface Designer;
    4. Print & Publication Designer;
    5. Lettering & Type Designer;
    6. Graphic Illustrator;
    7. Data Visualization & Infographic Designer.

Nah, itu dia beberapa skill digital yang dapat membantu kamu untuk melewati life crisis. Memang semuanya tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat. Namun, dapat dipelajari dengan kesungguhan dan disiplin. Lebih baik mempelajari dan menguasai satu bidang daripada memahami banyak hal tapi tidak menguasainya sama sekali.