Blog >
Syarat dan Ketentuan Influencer Instagram Terbaru

Syarat dan Ketentuan Influencer Instagram Terbaru

Oleh: Tim Cuit - 6 Feb 2022

Untuk menjadi seorang influencer Instagram, Anda perlu mempersiapkan dan memenuhi syarat dan ketentuan Influencer Instagram yang berlaku. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kualifikasi menjadi seorang influencer yang handal.

Influencer menjadi salah satu profesi yang cukup potensial saat ini. Dengan gaya hidup yang keren dan penghasilan yang cukup tinggi, membuat banyak orang tertarik untuk menjadi influencer Instagram.

Sebelum mendaftarkan diri menjadi seorang influencer Instagram, Anda perlu mengetahui apa saja hal yang perlu dipersiapkan serta syarat dan ketentuan menjadi influencer yang berlaku. Berikut ini ulasan singkat untuk menjadi seorang influencer yang baik.

Syarat dan Ketentuan Influencer Instagram Indonesia

Influencer adalah salah satu profesi yang berhubungan dengan bisnis. Dengan tugas dan peran utama untuk memperkenalkan dan mempromosikan suatu produk dari instansi atau perusahaan.

Oleh karena itu, syarat utama untuk menjadi influencer Instagram adalah memiliki jumlah pengikut aktif yang banyak. Jumlah pengikut di sosial media terutama di Instagram mempengaruhi penghasilan yang bisa influencer dapatkan. Bahkan, jumlah pengikut juga menjadi salah satu tolak ukur kategori influencer.

Selain memiliki jumlah pengikut yang banyak, seorang influencer perlu memiliki personal branding yang bagus dan bisa mempengaruhi pengikutnya. Sehingga barang atau jasa yang influencer rekomendasikan, bisa menarik minat audiens atau pengikut sosial medianya.

Selain itu untuk menjadi seorang influencer yang terkenal, Anda juga bisa mendaftarkan diri menjadi bagian dari influencer Indonesia. Atau mencantumkan diri sebagai influencer yang menerima permintaan klien untuk mempromosikan barang atau jasa.

Tips menjadi Influencer Instagram yang Baik

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan influencer Instagram, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjadi seorang influencer yang baik. Yuk, ulasan berikut secara lengkap mengenai langkah-langkah dan tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi influencer Instagram.

  1. Memilih Profil Influencer yang Tepat

    Ada banyak jenis profil influencer yang ada di Indonesia. Mulai dari profil influencer makanan, make-up, trading, atau bahkan influencer di bidang jasa. Jenis-jenis profil influencer bisa Anda sesuaikan dengan bakat dan minat Anda. Sehingga konten dan postingan yang Anda buat bisa maksimal dan memiliki isi yang berbobot.

    Menentukan profil influencer sangat penting untuk Anda lakukan. Yaitu untuk mendapatkan atensi dan perhatian dari masyarakat dan mudah untuk dikenali. Identitas diri terutama profil influencer juga mempengaruhi job dan permintaan dari instansi tertentu.

    Seperti halnya bagi beauty influencer yang seringkali mendapatkan job dari instansi pengelola make-up. Antara profil dan job yang influencer dapatkan sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yang influencer miliki. Sehingga melakukan promosi dan review produk make-up bagi beauty influencer adalah hal yang menarik dan mudah.

    Bahkan, pengikut beauty influencer sebagian besar adalah orang-orang yang memperhatikan produk dan cara menggunakan make-up. Bahkan, seringkali beauty influencer menjadi kiblat make-up bagi para pengikutnya.

    Tidak hanya itu, beberapa profil influencer juga bisa mengambil job dan mempromosikan barang atau jasa apapun sesuai permintaan klien. Terutama influencer yang memiliki profesi sebagai publik figur atau artis.

  2. Mengunggah Konten yang Instagramable

    Tahukah Anda ciri-ciri konten yang Instagramable dan perlu influencer kuasai? Konten yang Instagramable biasanya memiliki kualitas gambar yang bagus dengan isi yang berbobot. Sehingga, pembuatan dan isi dari suatu konten memerlukan persiapan yang matang.

    Kualitas gambar yang bagus memerlukan proses editing yang tidak sebentar. Karena kecerahan serta kejernihan gambar akan mempengaruhi respon para pengikut Anda di sosial media. Sehingga, sebagian besar influencer menggunakan kamera yang bagus dengan resolusi yang cukup tinggi.

    Isi dari konten yang influencer juga harus berbobot dan informatif. Pastikan juga informasi yang Anda sampaikan sesuai dengan informasi yang ingin pengikut Anda dapatkan. Agar audiens di sosial media tidak merasa kecewa karena meluangkan waktu untuk menyimak konten Anda.

    Selain itu, isi konten yang influencer buat dan unggah harus sesuai dengan permintaan klien. Seperti halnya menyisipkan kalimat yang bersifat mengajak ataupun merekomendasikan barang atau jasa yang klien kirimkan.

  3. Melakukan Personal Branding dan Mendatangi Event Penting

    Untuk menjadi seorang influencer, Anda memerlukan personal branding yang bagus. Personal branding biasanya berhubungan dengan pekerjaan tetap, lingkungan dan circle pertemanan. Seringkali influencer yang memiliki personal branding yang bagus dan terkenal adalah orang-orang dengan pekerjaan sebagai artis, penyanyi, dan youtuber.

    Selain memastikan personal branding yang bagus, influencer juga perlu menghadiri acara atau event penting yang berpengaruh. Seperti acara bergengsi untuk umum yang suatu instansi adakan. Anda juga bisa memilih event yang akan Anda hadiri sesuai dengan profil Anda sebagai influencer.

    Seperti halnya bagi influencer yang seringkali membuat konten yang berhubungan dengan makanan. Event yang cocok dan tepat yang bisa influencer tersebut hadiri seperti halnya acara bazar makanan. Yang biasanya dihadiri oleh banyak pemilik outlet makanan terkenal dari daerah tertentu untuk mempromosikan makanan yang mereka jual.

    Di acara-acara seperti bazar makanan biasanya terdapat banyak food influencer yang melakukan pengambilan konten. Bahkan, Anda bisa menawarkan jasa sebagai endorser bagi instansi tertentu yang sesuai dengan profil Anda. Semakin banyak relasi dan pihak yang Anda kenal, maka semakin banyak pula kesempatan untuk mendapatkan job endorse.

Bagaimana, mudah bukan syarat dan ketentuan influencer di Indonesia yang perlu Anda penuhi? Demikian ulasan singkat mengenai syarat dan ketentuan influencer Instagram, semoga bermanfaat.