Blog >
Tips Menghadapi Ide Blocking

Tips Menghadapi Ide Blocking

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 24 Apr 2022

Selain dituntut untuk mengkonsep ide dan pesan yang ingin disampaikan, konten kreator juga dituntut untuk menciptakan dan memvisualisasikan karyanya dengan baik dan menarik. Tidak dipungkiri, membuat konten di dunia maya dan ranah media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Konten kreator juga dipaksa untuk mengikuti zaman, mengikuti tren konten, dan mengikuti penggunaan tools yang mendukung kreativitas mereka. Tak jarang, para kreator sering mengalami ‘blocking idea’ atau yang biasa kita sebut, ‘Idenya lagi buntu, nih!’. Untuk menghadapi kendala kehabisan ide ini mungkin salah satunya adalah, kamu kurang produktif. Jadi, terasa sulit sekali untuk mengembangkan ide untuk membuat/memproduksi sebuah konten menarik.

Kami mencoba merangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif supaya ide makin gacor!

  • Tulis dan tuang idemu ke sebuah buku

    Dengan menulis dan menuang idemu ke dalam sebuah buku, maka otakmu akan merekamnya sebanyak 3 tahap. Pertama kamu berpikir, kedua kamu melihat apa yang kamu tulis, ketiga kamu membaca apa yang kamu tuangkan. Sehingga proses itu jika dilakukan secara rutin akan dapat membantu mu untuk mengembangkan ide kreatif lainnya.

  • Perbanyak membaca buku/literasi

    Pernah ngga sih, waktu lagi asik-asiknya baca buku tiba-tiba kamu kepikiran sesuatu yang bisa kamu kembangkan. Dengan membaca buku, kamu akan memiliki wawasan dan ide referensi yang luas. Uniknya lagi, bahkan kadang ide bisa datang hanya karena dengan kamu membaca satu kata saja, loh!

  • Terbuka terhadap apapun

    Menjadi pribadi yang ‘open-minded’, adalah hal yang baik untuk dilakukan. Karena, dengan menjadi pribadi yang terbuka, kamu akan dengan mudah mencerna apa yang harus dilakukan dan tidak, bagaimana jika melakukan sesuatu dengan cara seperti ini, dan lain-lain.

  • Liburan untuk healing

    Istilah ‘healing’ belakangan ini sangat sering sekali terdengar. Yap, melalakukan perjalanan untuk bangkit dari rasa jenuh juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang sudah mengalami kejenuhan dan kurang fokus dalam melakukan sesuatu. Bagi para konten kreator, melakukan liburan untuk ‘healing’ ini sekaligus dapat memberikan mereka ide untuk konten tipe ‘Travelling’. Jadi kalau kata pepatah, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghadapi ide blocking versi CUiT. Apakah kamu sudah pernah melakukannya? Atau mungkin ada cara lain selain versi kami? Yang penting, jangan pernah berhenti produktif dan ciptakan karya versimu sendiri, ya!