Blog >
Tips Agar Tetap Produktif sebagai Konten Kreator

Tips Agar Tetap Produktif sebagai Konten Kreator

Oleh: Nadya Shafirah - 10 Jun 2022

Pernah gak, sih, kamu merasa buntu dan tidak produktif dalam membuat konten? Tidak hanya kamu, tapi hal ini pasti pernah dirasakan konten kreator lainnya karena dalam proses produksi konten, tidak jarang para kreator mengalami creative block, terlalu lama dalam proses produksi, serta berbagai hal lainnya yang menyebabkan mereka menjadi tidak produktif. Yuk simak tips di bawah ini untuk tahu cara agar kamu bisa produktif sebagai konten kreator!

  1. Perbanyak Eksplorasi dan Mencari Referensi

    Konten yang menarik memerlukan persiapan dan pembuatan konsep yang baik. Nah, proses persiapan dan pengonsepan ini membutuhkan ide-ide kreatif. Untuk mendapatkan ide yang kreatif, kamu perlu mengeksplorasi segala bidang yang kiranya disukai. Kamu bisa mencoba mempelajari hal-hal baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya, seperti menekuni hobi atau keterampilan baru, atau sekedar mengikuti topik yang baru. Kemudian, kamu juga bisa mencari referensi-referensi yang akan menjadi inspirasi dalam prosesmu membuat konten. Referensi ini bisa kamu dapatkan dengan banyak membaca, menonton, atau belajar dari orang lain.

  2. Buat Content Plan

    Content plan adalah sebuah perencanaan yang dibuat untuk pengembangan dan eksekusi konten, agar rangkaian konten yang akan dibuat lebih tertata dan terjadwal. Dalam content plan, kamu bisa menuliskan konten seperti apa yang akan kamu produksi, platform apa yang akan digunakan untuk menerbitkan konten, referensi konten, isi konten, hingga waktu publikasi. Sebagai konten kreator, kamu perlu membuat content plan ini agar kegiatanmu dalam merancang konten menjadi lebih terstruktur dan terarah secara jadwal.

  3. Segera Catat dan Eksekusi Ide yang Dimiliki

    Hal yang juga tak kalah pentingnya, kamu harus mencatat dan segera memanfaatkan ide-ide yang muncul dengan tiba-tiba! Mungkin kamu tiba-tiba saja mendapatkan ide cemerlang dalam perjalanan pulang dari kantor, saat berbelanja di supermarket, atau di manapun. Segera catat atau rekam ide yang kamu miliki, lalu lakukan seleksi ataupun improvisasi, kemudian jalankan ide tersebut dengan persiapan yang baik.

  4. Konsisten dalam Membuat Konten

    Rutin dan konsisten dalam membuat konten adalah salah satu kunci agar kemampuan dan keterampilan kamu semakin terasah. Dengan menjadi konten kreator yang konsisten, kamu akan menjadi lebih disiplin, serta dengan mudah mengevaluasi progress yang kamu hasilkan selama ini–di bagian mana yang harus ditingkatkan dan di bagian mana yang harus diperbaiki.

  5. Kolaborasi

    Kamu bisa berkolaborasi dengan konten kreator lainnya dalam membuat konten. Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan konten kreator yang memiliki topik yang sama denganmu, atau bahkan sama sekali berbeda. Kolaborasi ini akan memungkinkan kamu dan kreator lainnya untuk bertukar pikiran dan pengalaman, sehingga kamu akan mendapatkan ilmu, insight, dan koneksi baru.

  6. Pelajari Insight dari Konten-Konten yang Kamu Hasilkan

    Kamu harus mengetahui insight tentang seperti apa audiens yang kamu sasar dan seperti apa audiens yang menjadi penikmat konten mu saat ini. Insight ini dapat berupa data demografi audiens–rasio gender, umur, hingga domisili. Kemudian, wawasan yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah reaksi dan respons audiens terhadap konten yang kamu publikasikan. Kamu dapat melihat ini dari tingkat engagement, impression, hingga jumlah follow atau subscribe yang kamu dapatkan dari sebuah konten.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu terapkan untuk menjadi konten kreator yang lebih produktif. Selamat berkarya!