Blog >
Tools Sederhana Untuk Menjadi Konten Kreator Kuliner

Tools Sederhana Untuk Menjadi Konten Kreator Kuliner

Oleh: Nadya Shafirah - 28 Jun 2022

Halo, Foodie CUiT-ers! Kamu suka kulineran atau masak-masak, juga suka membuat konten? Nah, kamu bisa banget untuk jadi konten kreator kuliner!

Saat ini, konten kreator merupakan salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang karena pekerjaan ini memungkinkan seseorang untuk melakukan apa yang ia suka sambil mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Untuk menjadi konten kreator kuliner, kamu bisa menjelajahi makanan dan minuman khas daerahmu, memasak dengan resep ala kamu, hingga mencicipi makanan dan minuman yang unik dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Dengan menekuni ini, kamu bisa memonetisasi kontenmu hingga mendapat tawaran endorsement dari brand. Menarik sekali bukan?

Lalu, apa sih peralatan-peralatan yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi konten kreator kuliner? Tidak perlu terlalu profesional, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools sederhana untuk memulainya. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

  1. Kamera atau smartphone

    Kamera tentunya adalah alat yang paling krusial bagi konten kreator, baik untuk mengambil gambar atau merekam video. Ada beberapa tipe kamera yang dapat kamu pilih, mulai dari kamera DSLR hingga kamera mirrorless. Namun, jika masih memulai dan belum memiliki kamera tersebut, kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu miliki terlebih dahulu.

  2. Microphone

    Jika konsep yang diterapkan pada kontenmu memerlukan banyak percakapan dan penjelasan, maka, peralatan selanjutnya yang kamu butuhkan adalah microphone. Dengan menggunakan microphone, suara lingkungan dan noise dapat diredam sehingga suaramu akan terdengar lebih jelas di video. Microphone yang direkomendasikan untuk kamu adalah dengan tipe clip on, supaya kamu tetap bisa menjalani proses perekaman video dengan pergerakan yang leluasa.

  3. Tripod, Gorillapod, atau Lazypod

    Peralatan selanjutnya yang kamu butuhkan adalah tripod, gorillapod, atau lazypod untuk membantu menyangga kamera atau smartphone yang digunakan untuk merekam. Peralatan ini berguna untuk menstabilkan kamera, juga memudahkan kamu untuk syuting sendiri. Untuk tripod, kamu bisa menggunakannya di permukaan yang horizontal dan rata. Kemudian, gorillapod dengan penyangganya yang bisa diatur memungkinkan alat ini untuk dilekatkan ke benda-benda non-horizontal. Lalu, jika kamu ingin mengambil gambar dari berbagai angle, termasuk dari atas, kamu bisa menggunakan lazypod, karena alat ini memiliki ‘lengan’ yang fleksibel dan bagian yang dapat dijepit ke medium lainnya, seperti meja.

  4. Lighting

    Untuk pengambilan gambar di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan ring light atau lampu belajar dengan bola lampu berwarna putih untuk pencahayaan. Lighting diperlukan untuk menghasilkan video yang terang dan jelas, sehingga kontenmu akan menjadi lebih menarik untuk ditonton.

  5. Software untuk Editing

    Agar video yang sudah direkam menjadi menarik dan ciamik untuk ditonton, kegiatan pasca produksi yang harus dilakukan adalah editing atau penyuntingan. Dalam proses editing, kamu bisa menambahkan teks, memotong klip yang tidak diperlukan, hingga menambahkan musik. Penyuntingan video dapat dilakukan dengan komputer, laptop, ataupun smartphone. Jika kamu menggunakan komputer atau laptop, software yang dapat kamu gunakan adalah Adobe Premiere Pro. Jika kamu akan melakukan editing lewat smartphone, maka kamu bisa menggunakan beberapa referensi aplikasi, di antaranya CapCut, VN, dan KineMaster.

Nah, itu dia daftar Tools Sederhana Untuk Menjadi Konten Kreator Kuliner. Sekarang, kamu dapat memanfaatkan peralatan-peralatan sederhana untuk memulai menjadi konten kreator kuliner. Selamat memulai dan mencoba!