Blog >
Tugas Konten Kreator Bukan Hanya Copywriting, Ini Detailnya!

Tugas Konten Kreator Bukan Hanya Copywriting, Ini Detailnya!

Oleh: Tim Cuit - 18 Feb 2022

Dalam bahasa Inggris, konten kreator (pembuat konten) disebut dengan content creator. Pada tulisan ini, Anda akan menemukan pembahasan mengenai detailnya tugas konten kreator yang kerap kali disalahpahami sebagai copywriting saja.

Untuk Anda ketahui, orang yang bergelut dengan konten kreator harus mempunyai ide kreatif yang baik. Tak hanya itu, mereka harus punya ketangkasan yang bagus dalam memproduksi sebuah konten yang bagus pula. Konten yang bagus akan menarik warganet.

Kemudian, pekerja konten kreator juga harus pandai dalam mengoperasikan tools yang mendukung dan menghasilkan sebuah konten dan paham akan brand serta target pasaran yang sedang trending.

Tugas-Tugas Konten Kreator:

Memakai jasa konten kreator di era digital seperti sekarang bukanlah hal yang baru lagi. Banyak brand yang mempromosikan bisnis mereka melalui konten kreator. Namun, tahukah Anda bahwa tugas seorang konten kreator tidaklah sederahana? Berikut gambarannya:

  • Menghibur Lewat Tulisan, Lisan dan Media Visual

    Adapun sebuah konten lumrahnya mengandung hiburan bagi penontonnya. Hal ini karena seorang konten kreator juga merupakan seorang entertainer. Hiburan tersebut ruang lingkupnya adalah secara lisan, tulisan, maupun media visual.

    Contoh media visual seperti ilustrasi, poster, foto, video bisu, bagan, diagram, grafik dan lain-lain yang terlihat oleh mata.

    Baiknya seorang konten kreator juga mempertimbangkan konten yang sehat dan bermanfaat. Bukan dengan menggunakan cara kotor agar menarik kunjungan. Misal menampilkan judul yang clickbait, berkata kotor, melanggar norma, atau rasis terhadap suku, agama, dan ras.

    Untuk apa banyak pengunjung jika ujung-ujungnya tak bermanfaat atau malah mendatangkan petaka, misal masuk penjara.

    Selanjutnya, untuk membuat sebuah konten yang menghibur, Anda harus memikirkan konsep yang matang. Tiap konten kreator mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada yang memulai kontennya dengan tulisan dan lisan, kemudian diakhiri dengan video visual. Ada juga yang sebaliknya.

  • Desain

    Sejujurnya menjadi konten kreator tak lepas dari tugas mendesain. Hal ini karena seluruh konten tulisan dan lisan harus Anda tuangkan melalui desain yang menarik. Sebab, tak mungkin Anda cukup membawakan secara sederhana saja jika ingin meraup banyak pengunjung.

    Selain itu, ada juga desain thumbnail video bagi Anda yang hendak menjadi youtuber. Karena desain thumbnail merupakan kesan pertama selain judul yang bisa menarik pengunjung.

    Namun, seorang kontent kreator yang telah memiliki nama, biasanya mempunyai tim sendiri yang terbagi-bagi dengan jobdesk masing-masing, seperti storyboard, editing, pembuat video, dan lain-lain.

  • Gaya Berbahasa

    Selanjutnya menciptakan gaya berbahasa yang bagus merupakan tugas penting bagi konten kreator. Pemilihan gaya berbahasa yang tepat dapat menghantarkan jumlah pengunjung yang banyak dan tepat pula. Selain itu, target market untuk konten pun jadi jelas akan ditujukan kepada siapa.

    Apabila target marketnya orang dewasa, maka gunakanlah bahasa sopan yang formal. Namun, jika target marketnya remaja dan anak-anak, maka Anda bisa memakai bahasa semi formal, santai, dan tetap mendidik.

  • Membuat Konten dengan Branding yang Diharapkan

    Kemudian tugas selanjutnya adalah Anda harus bisa membuat konten dengan target branding yang sesuai. Cara mudahnya adalah dengan mengatur strategi pemasaran.

    Adapun strategi pemasaran yakni dengan merencanakan suatu konten, kemudian membuat konten, lalu mengeditnya, dan yang terakhir yaitu menerbitkan atau mempostingnya.

    Hingga kini, media sosial yang sering terpakai untuk pemasaran konten adalah YouTube, Instagram dan Facebook.

  • Menghimpun Ide

    Selanjutnya, adalah jobdesk yang sudah lumrah wajib dimiliki bagi konten kreator. Menghimpun ide sebenarnya mudah jika Anda rajin dan terbiasa riset. Saran platform untuk riset bisa di YouTube, Twitter, blog terkenal, portal berita kredibel dan lain-lain.

    Di bawah ini merupakan tips dan trik menghimpun ide yang tepat agar konten bisa menarik:

    1. Bacalah terkait informasi dan bidang yang Anda geluti. Pilih bacaan yang terbaru.
    2. Bertanya secara berkala kepada followers dan subscribers perihal konten-konten selanjutnya.
    3. Rajin cek tagar di semua jenis media sosial, baik yang sedang trending ataupun yang terbaru.
    4. Ikuti influencer yang sesuai dengan bidang Anda
  • Pegang Teguh Prinsip Tujuan Konten Anda

    Usai menghimpun ide, Anda harus mengetahui tujuan konten yang akan Anda buat. Hal ini karena konten yang baik akan memenuhi tujuan yang Anda targetkan. Jangan sampai konten Anda menjadi tidak jelas, karena nantinya tidak akan ada yang tertarik untuk melihatnya.

    Misalnya Anda akan membuat sebuah konten pendidikan, buatlah sesuai tema dan tujuannya, jangan sampai malah nyasar ke konten makanan.

  • Sesuaikan Konten dengan Platform atau Media Sosial

    Menyesuaikan konten dengan platform adalah hal penting karena sebuah platform akan mempunyai pengguna yang sesuai dengannya.

    Anda harus paham mengenai kekurangan dan kelebihan di setiap media sosial dan platform yang biasa konten kreator gunakan. Dengan begitu, Anda akan paham konten mana yang cocok ke suatu platform ataupun media sosial. Misalnya meski sama-sama video, namun tentunya terdapat perbedaan antara video di YouTube atau TikTok.

  • Cek dan Evaluasi

    Usai sebuah konten sudah siap untuk dipublikasikan ke publik, sebagai konten kreator Anda harus mengecek dan mengevaluasi terlebih dahulu. Sehingga, tak ada kesalahan fatal ataupun kesalahan kecil jika telah Anda posting.

    Adanya pengecekan dan evaluasi, Anda bisa mengetahui kekurangan tiap-tiap konten yang bisa Anda antisipasi di kemudian hari. Sehingga, kesalahan-kesalahan serupa tak akan terjadi lagi di masa mendatang.

Begitulah tugas-tugas konten kreator. Memang untuk mencapai tujuan yang paripurna, harus melalui berbagai proses yang panjang. Bagaimana, apakah Anda sudah siap menjadi konten kreator yang handal?