Blog >
Waktu Terbaik Untuk Upload Konten di Instagram

Waktu Terbaik Untuk Upload Konten di Instagram

Oleh: Regina Kroesdiyantika Warahapsari - 21 Apr 2022

Bermain media sosial belakangan ini menjadi tren tersendiri bagi banyak kalangan. Semua orang seperti berlomba-lomba untuk mendapatkan atensi terbanyak melalui konten yang mereka unggah. Tidak jarang, menjadi konten kreator dituntut untuk terus up to date dengan hal-hal terbaru di ranah dunia maya.

Alhasil, tidak heran jika semua pengguna media sosial juga berlomba-lomba untuk terus bersaing menaikkan angka followers, konten yang mengundang komentar, dan view terbanyak. Bagi sebagian orang, mendapatkan likes banyak memberikan perasaan puas dan senang. Kondisi psikologis ini salah satunya yang membuat para pengguna media sosial untuk terus konsisten membuat konten sesuai dengan minat mereka.

Kemudian, muncul pertanyaan teknis, “Kapan sih waktu terbaik untuk upload konten di Instagram?” Pertanyaan ini menjadi menjadi pertanyaan terbanyak untuk dicari oleh para pengguna media sosial. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, seperti yang dilansir oleh salah satu portal analitik media sosial Sprout Social, berikut tabel waktu terbaik untuk upload konten di Instagram:

Best time to post on social media

Berdasarkan data yang disajikan oleh Social Sprout, data tabel di atas dibuat berdasarkan data lonjakan user Instagram pada tahun 2021 hingga 2022 awal. Algoritma ini bersifat dinamis, sehingga dapat berubah kapanpun tergantung kepada kebiasaan pengguna di seluruh dunia.

Waktu terbaik untuk upload konten ini nantinya akan dibaca oleh algoritma Instagram. Sehingga mengunggah konten sesuai waktu terbaik ini tidak menjanjikan pengguna media sosial untuk mendapatkan likes, komentar dan views video terbanyak. Semua disesuaikan dengan bentuk/jenis konten yang disesuaikan juga dengan kualitas konten para kreator. Jika kamu sudah menemukan ritme yang tepat untuk kontenmu, cobalah melakukannya secara berkala.

Jadi, sudah siapkah untuk mendapatkan hujan likes, komentar dan views video yang banyak?